Loading...
Loading…
Momen Haru Menparekraf Dipeluk Wanita Tua Sebatang Kara di Desa Wisata Hilisimaetano

Momen Haru Menparekraf Dipeluk Wanita Tua Sebatang Kara di Desa Wisata Hilisimaetano

Powered by BuddyKu
Travel | Okezone | Jumat, 24 Juni 2022 - 09:17

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno melakukan kunjungan kerja ke Sumatera Utara. Dirinya mengunjungi salah satu desa wisata Hilisimaetano, Kecamatan Maniamolo, Kabupaten Nias Selatan.

Adapaun kedatangan Sandiaga terkait dengan program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Di mana Desa Wisata Hilisimaetano masuk sebagai 50 desa/kampung wisata terbaik tahun ini.

Pada kunjungan tersebut, ada momen hari saat Sandiaga bertemu Sitime Dachi (65) seorang ibu yang tinggal sebatang kara di gubuk berukuran 2x2 meter.

Mulanya Sitime yang didampingi Sekretaris Desa Hilisimaetano, Kristiaman Dachi menceritakan kondisinya saat ini. Wanita yang memiliki keterbatasan penglihatan itu mengaku kerap merasa kedinginan ketika hujan.

"Saya tinggal di sini kurang lebih sudah kurang lebih 10 tahun. Saya tinggal sendiri di sini dengan keadaan tempat tinggal yang kita lihat sendiri di sini," kata Sitime, Jumat (24/6/2022).

"Anak laki-laki saya meninggal, yang harusnya mengurus saya. Sehingga saya sendiri di sini pak Menteri," lanjut Sitime.

Melihat kondisi yang memperlihatkan, Sandiaga memutuskan untuk memberi bantuan sembako dan modal untuk membeli bahan-bahan perbaikan rumah.

Baca Juga :
Terpukau Tradisi Lompat Batu, Sandiaga Uno Kagumi Adat & Budaya Desa Wisata Hilisimaetano Nias Selatan

"Saya ingin memberikan modal untuk membeli bahan-bahan untuk memperbaiki rumah Ina, bu Sitime agar tidak kedinginan kalau lagi hujan. Saya minta pak Sekdes ini tolong dikerjakan segera secara gotong royong melibatkan masyarakat dalam membantu ibu Sitime ini," ucap Sandiaga.

Momen haru terjadi setelah pernyataan bantuan tersebut diucapkan oleh Sandiaga. Sitime dengan spontan memeluk Sandiaga sembari mengucap rasa syukur dan berdoa.

"Saya berdoa pak Menteri sehat dan pak Menteri jadi pemimpin besar di negeri ini. Tidak ada balasan ke pak Menteri hanya Tuhan yang membalas kebaikan pak Menteri," ungkap Sitime.

Sandiaga Salahuddin Uno kagum menyaksikan adat istiadat dan budaya di Desa Wisata Hilisimaetan, Kecamatan Maniaml, Kabupaten Nias Selatan, Sumatra Utara yang masih dijaga dan dilestarikan dengan baik oleh masyarakat setempat.

"Kekentalan adat budaya lompat batu, tari perang, tari harimau, sampai penganugerahan tadi sudah saya nikmati. Saya melihat kekentalan sejarah dan budaya, saya melihat ini adalah atraksi utama kita, tradisi budaya untuk mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatif Nias Selatan. Ini adalah pariwisata berbasis komunitas," kata Menparekraf Sandiaga, saat visitasi Desa Wisata Hilisimaetan yang masuk ke dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022, Rabu (22/6/2022).

Baca Juga :
Tingkatkan Mutu Pariwisata, Kemenparekraf Bangun Toilet dan Homestay di Desa Hilisimaetano

Original Source

Topik Menarik

{
{