Ratusan Alat Musik Tradisional Nusantara Dipamerkan, Yuk Buruan ke Museum Aceh!

Ratusan Alat Musik Tradisional Nusantara Dipamerkan, Yuk Buruan ke Museum Aceh!

Travel | BuddyKu | Jum'at, 24 Juni 2022 - 05:17
share

DINAS Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh mencatat sebanyak 200 lebih alat musik tradisional Nusantara dari koleksi 31 Museum se-Indonesia dipamerkan di ruang temporer Museum Aceh.

"Ini wahana yang baik memperkenalkan alat musik tradisional," kata Plt Kepala Disbudpar Aceh Almuniza Kamal, mengutip Antara .

Perhelatan pameran alat musik tradisional Nusantara yang bertajuk \'Ragam Nada Satu Irama\' yang berlangsung dari 22 sampai 25 Juni 2022 ini telah dibuka oleh Direktur Perlindungan Kebudayaan Ditjen Kebudayaan Kemendikbudristek RI, Irini Dewi Wanti.

Almuniza mengatakan, pameran ini bertujuan untuk memperkenalkan alat musik tradisional yang masih eksis dan dimainkan oleh masyarakat Indonesia. Karena itu ia meminta alat tersebut dapat dipertahankan berada di Museum Aceh hingga akhir 2022.

Angklung dipamerkan di Museum Aceh
(Foto: Antara/Rahmat Fajri)

"Saya meminta kepada panitia dan Museum Aceh yang hari ini alat musik ditampilkan, kalau bisa sampai dengan akhir Tahun 2022 tetap tampil disini," ujarnya.

Almuniza menyampaikan, Aceh sendiri lebih fokus memperkenalkan alat musik rapai, karena sebagai tuan rumah pihaknya tidak ingin lebih mendominasi alat musik tradisional dari daerah lain.

Dirinya berharap, seluruh masyarakat Aceh, terutama generasi milenial, bisa mengunjungi Museum Aceh agar dapat mengenal lebih jauh tentang budaya kesenian.

Terutama, kata dia, karena sangat jarang pameran alat musik tradisional nasional seperti ini ada di Museum Aceh. Maka dari itu Almuniza mengajak seluruh masyarakat Aceh memanfaatkan kesempatan ini.

"Apabila anda ingin mengenal Indonesia, ingin menghargai budaya Nusantara, maka datangi Museum Aceh, lihat alat-alat musik tradisional dan mari kita hargai seluruh budaya di republik ini," kata Almuniza.

Topik Menarik