PVMBG Sebut Gunung Anak Krakatau Sudah 7 Kali Meletus dalam Pekan Ini

PVMBG Sebut Gunung Anak Krakatau Sudah 7 Kali Meletus dalam Pekan Ini

Travel | BuddyKu | Kamis, 23 Juni 2022 - 10:37
share

JAKARTA, iNews.id - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi mencatat Gunung Anak Krakatau yang berada di Selat Sunda sudah mengalami 7 kali letusan dalam pekan ini (15 - 21 Juni 2022). Sebelumnya, Gunung Anak Krakatau sempat erupsi hingga menyemburkan abu hingga 500 meter.

Dalam keterangan tersebut, diketahui bahwa tingkat aktivitas Gunung Anak Krakatau berada di level III (siaga) sejak 24 April 2022.

7 letusan, 61 vulkanik dangkal, 44 hembusan, 10 vulkanik dalam, 202 low frequency, 1 tektonik jauh, 6 hybrid atau fasa banyak. Tercatat tremor menerus amplitudo max. 1-40 mm. Dominan 6 mm, tulis PVMBG dalam keterangannya, Kamis (23/6/2022).

PVMBG mengatakan saat ini gunung terlihat jelas hingga tertutup kabut. Asap kawah tidak teramati. Angin lemah hingga sedang ke Utara, Timur Laut, Timur dan Barat Laut. Erupsi terjadi dengan kolom erupsi berwarna kelabu hingga hitam, tinggi lk. 300-500 meter dari puncak.

Sementara itu, PVMBG meminta masyarakat di sekitar Gunung Anak Krakatau baik pengunjung, pendaki, wisatawan tidak mendekati gunung atau beraktivitas dalam radius 5 km dari kawah aktif.

Selain itu, Badan Geologi akan terus berkordinasi dengan BNPB/BPBD Provinsi Banten/BPBD Provinsi Lampung/BPBD Kabupaten Lampung Selatan/BPBD Kabupaten Pandeglang dan BMKG.

Masyarakat di wilayah pantai Provinsi Banten dan Lampung harap tenang dan jangan mempercayai isu-isu tentang erupsi Gunung Krakatau yang akan menyebabkan tsunami, serta dapat melakukan kegiatan seperti biasa dengan senantiasa mengikuti arahan BPBD setempat, imbau PVMBG.

Topik Menarik