Cara Membuat Ayam Betutu Khas Gilimanuk Enak Dimasak dengan Bumbu Bali

Cara Membuat Ayam Betutu Khas Gilimanuk Enak Dimasak dengan Bumbu Bali

Travel | BuddyKu | Rabu, 22 Juni 2022 - 20:17
share

JAKARTA, iNews.id - Ayam betutu khas Gilimanuk memiliki cita rasa rempah yang lezat. Ketika Anda liburan ke Bali, jangan lewatkan untuk mencicipi ayam betutu.

Indonesia memiliki beragam kuliner yang berbeda di setiap daerah. Salah satunya adalah ayam betutu khas Gilimanuk. Ayam ini memiliki rasa yang sangat lezat dan kaya rempah. Bagi Anda yang ingin mencicipi ayam betutu, tak perlu jauh-jauh ke Bali. Saat ini sudah banyak resep dan cara membuat ayam betutu khas Gilimanuk.

Namun, sebelum membagikan cara membuat ayam betutu khas Gilimanuk, berikut ini penjelasan mengenai asal usul dari ayam betutu ini. Dengan demikian, Anda tidak hanya asal masak dan makan saja, tapi juga perlu mengetahui sejarah dari makanan tersebut.

Dikutip dari Wikipedia, betutu adalah makanan tradisional khas Bali yang bahan mentahnya berupa karkas utuh itik dan ayam. Nama Betutu berasal dari kata tunu yang berarti bakar dan dirangkai dengan kata be yang berarti daging. Bila digabungkan, betutu memiliki arti daging yang dibakar.

Salah satu ciri khas ayam betutu adalah menggunakan rempah-rempah yang sangat banyak kemudian dibalurkan bumbu khas Bali yang dikenal dengan bumbu genep di seluruh permukaan tubuh daging ayam dan sebagian lagi dimasukkan ke dalam rongga abdomennya.

Daging ayam yang telah dilumuri tersebut kemudian direbus atau langsung dibakar hingga menghasilkan aroma yang khas. Aroma khas ini keluar dari sari-sari daging ayam yang ikut menguap. Semakin banyak uap yang dihasilkan, semakin kuat dan enak aromanya.

Zaman dahulu, ayam betutu biasanya disajikan saat upacara adat seperti odalan, otonan, maupun perkawinan. Namun kini sudah banyak tempat makan yang menjual ayam betutu.

Tak perlu jauh-jauh ke Bali, Anda juga bisa membuat ayam betutu sendiri di rumah lho. Berikut cara membuat ayam betutu khas Gilimanuk yang enak dengan bumbu Bali. Dirangkum pada Rabu (22/6/2022).

Bahan:

1. Satu ekor ayam atau bebek
2. Bumbu genep (bawang merah, kencur, kemiri, bawang putih, kunyit, lengkuas, jahe, laos, cabai rawit, serai, gula merah, terasi, daun limau, daun salam, dan minyak kelapa).
3. Bumbu wewangenan (merica hitam, merica putih, cengkih, pala, tabia bun, ketumbar, kemiri, kemenyan, jangu, bangle, dan kulit jeruk purut).
Garam
Minyak kelapa
Daun pisang

Cara membuat:

1. Haluskan bumbu genep dan wewangian, kemudian tumis hingga harum. Cuci bersih satu ekor ayam.
2. Panaskan air dengan sedikit bumbu, daun salam, daun limau, dan batang serai yang telah dimemarkan.
3. Rebus ayam ke air tersebut hingga seperempat matang kemudian angkat.
4. Setelah diangkat, bumbu yang ditumis tadi dimasukkan ke dalam perut ayam dan sebagian lagi yang dicampurkan dengan minyak tandusan dibalurkan di seluruh permukaan tubuh ayam. Baluri ayam dengan merata sambil diremas-remas agar bumbu meresap hingga ke dalam.
5. Bungkus ayam dengan daun pisang dan panggang dengan api atau kalau mau modern bisa menggunakan oven. Panggang selama satu jam.
6. Setelah matang, sajikan ayam betutu dan bisa langsung disantap.

Nah itulah cara membuat ayam betutu khas Gilimanuk dan asal usulnya. Selamat mencoba!

Topik Menarik