Mengenal 5 Kuliner Betawi yang Sudah Langka, padahal Rasanya Bikin Nagih

Mengenal 5 Kuliner Betawi yang Sudah Langka, padahal Rasanya Bikin Nagih

Travel | BuddyKu | Rabu, 22 Juni 2022 - 13:42
share

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak kuliner Betawi yang enak dan lezat bisa Anda cicipi. Kuliner Betawi memiliki cita rasa yang khas dan membuat siapa saja ketagihan.

Namun sayangnya, ada beberapa kuliner Betawi yang mulai langka, padahal rasanya sangat lezat.

Ya, eksistensi kuliner Betawi sulit terjaga. Alasannya, bisa karena sulitnya bahan baku yang didapat, hingga tidak ada lagi yang membuat kuliner Betawi.

Lantas, apa saja kuliner Betawi yang keberadaannya hampir punah? Berikut ulasannya dirangkum pada Rabu (22/6/2022).

1. Sayur Babanci

Namanya terkesan aneh nan menggelitik, bukan? Panganan yang satu ini sepintas mirip dengan ketupat sayur. Nama babanci diketahui berasal dari penggabungan babah dan enci, karena pada dasarnya sayur babanci ini merupakan makanan khas Betawi-Tionghoa peranakan.

Apa saja condiment sayur babanci? Diketahui sayur ini tidak mengandung sayuran sama sekali, melainkan ketupat yang dipadukan kuah gulai dengan tambahan daging yang berasal dari kepala sapi, lidah sapi, dan cingur.

Sayur babanci mulai langka karena alasan bumbu-bumbu pembuatnya yang semakin lama sulit ditemukan. Karena susah dicari rempah-rempahnya, sayur ini kini hanya bisa dijumpai di Hari Raya Idul Fitri maupun Idul Adha saja.

2. Sengkulun

Kue manis yang satu ini sepintas terlihat seperti kue keranjang, karena memang ada pengaruh budaya Tionghoa di sana. Tekstur kue Sengkulun sangat unik, lembut tapi keras. Aneh tapi bikin penasaran.

Kue sengkulun terbuat dari beras ketan dan gula merah. Biasanya, kue ini akan semakin enak di lidah karena taburan kelapa parut yang gurih nan manis.

3. Pucung Gabus

Baru pertama kali mendengar panganan yang satu ini? Itu kenapa pucung gabus mulai langka. Pucung gabus adalah makanan yang terbuat dari ikan gabus yang dipadukan kuah kluwek (pucung).

Karena ada kluwek sebagai bahan utama pembuatan makanan ini, Anda mungkin akan mengira kalau pucung gabus mirip dengan rawon yang warnanya hitam. Tapi, kalau soal rasa, pucung gabus dengan rawon itu berbeda sekali. Silahkan membuktikannya sendiri!

4. Bubur Ase

Bubur khas Betawi ini unik sekali. Jangan bayangkan bubur biasanya, karena Bubur Ase menggunakan kuah semur yang isiannya adalah daging sapi dan kentang. Bahkan, teri Medan dan kacang goreng kerap ditambahkan ke dalam makanan ini.

Semakin lezat karena Bubur Ase menggunakan daun kucai dan bawang goreng sebagai pelengkap rasa. Asinan sayuran Betawi juga kerap ditambahkan agar rasanya semakin kaya.

5. Kue dongkal

Bukan hanya kue sengkulun yang makin susah dicari, kue dongkal pun bernasib demikian. Kue ini terbuat dari tepung beras yang digiling halus dengan isian gula aren.

Kue dongkal dibuat berbentuk kerucut yang sering disajikan dengan kelapa kering. Rasa gurih dan manis dari kue ini susah ditolak lidah. Panganan nikmat ini sayangnya semakin susah dicari, tapi di acara-acara besar Betawi kue ini kerap muncul.

Itu dia lima kuliner Betawi yang semakin langka. Bagaimana, pernah mencicipi?

Topik Menarik