JCI Asia Pacifik Conference 2023 Ajang Promosi Pariwisata Lokal

JCI Asia Pacifik Conference 2023 Ajang Promosi Pariwisata Lokal

Travel | BuddyKu | Rabu, 22 Juni 2022 - 08:44
share

Indonesia telah ditetapkan sebagai tuan rumah penyelenggaraan Junior Chamber International (JCI) Asia Pacific Conference (ASPAC) 2023. Acara ini akan digelar selama empat hari dari tanggal 7-10 Juni 2023 secara hybrid di Hotal Sultan dan Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta.

Terpilihnya Indonesia menjadi tuan rumah JCI ASPAC 2023 diputuskan saat JCI ASPAC 2021 di Taiwan. Menurut Presiden JCI Indonesia, Gaudi Agathon, penyelenggaraan ASPAC di Indonesia merupakan suatu prestasi. Sebab, tidak mudah meyakinkan delegasi untuk memilih satu di antara banyak negara sebagai tuan rumah.

Acara ini akan dihadiri sekitar 3.500-6.000 delegasi anggota JCI dari berbagainegara di Asia Pasific, dan negara lainnya, kata Gaudi saat konferensi pers di Restoran Rempah Wangi, Cilandak, Jakarta, Selasa (21/6).

Sepanjang sejarah, Indonesia pernah menjadi tuan rumah JCI ASPAC sebanyak dua kali. Pertama di tahun 1999 yang saat itu diselenggarakan di Bali. Kemudian JCI Business Conference pada tahun 1994 yang juga dihelat di Pulau Dewata.

Kami berharap konferensi ini menjadi momentum kebangkitan pariwisata dan perekonomian nasional pasca pandemi Covid-19, sambungnya.

Lebih lanjut, konferensi ini juga menghadirkan banyak manfaat bagi Indonesia. Selain menjadi kesempatan mempromosikan keindahan pariwisatalokal, potensi enterprenuer muda dalam membina hubunganinternasional pun bisa terasah.

Tentunya juga jadi kesempatan mempromosikan organisasi JCI sebagai wadah pembentukan dirigenerasi muda global yang unggul, papar dia.

Di kesempatan sama, Presiden JCI Asia Pacific Senate Presiden, Aldo Tobing menambahkan, JCI beranggotakan mayoritas anak muda. Visi misinya bergerak membuat suatu perubahan positif dan membantu mencari solusi bagi tantanganterbesar di era ini.

JCI menginspirasi para pemuda untuk mengenali tanggung jawab mereka selaku warga dunia, agar dapat lebih berperan aktif dalam menciptakan dunia yang lebih baik, ucap Aldo.

Diketahui, JCI merupakan organisasi kepemudaan Internasional terbesar di dunia yang didirikan di St. Louis, Missouri, Amerika Serikat pada 13 Oktober 1915. Adapun anggotanya yaitu para pemuda berusia18-40 tahun. Memiliki alumni lebih dari 2 juta orang dan tersebar lebih dari 115 negara di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Adapun tokoh dunia yang pada masa mudanya merupakan anggota JCI, diantaranya Kofi Annan (Sekjen PBB); Jacques Chirac (Mantan Presiden Perancis); Hugo Banzer (Mantan Presiden Bolivia); Bill Clinton (Mantan Presiden Amerika Serikat); Al Gore (Mantan Wakil PresidenAmerika Serikat); Yasuhiro Nakasone (Mantan PM Jepang); Keizo Obuchi (Mantan PM Jepang); Taro Aso (Mantan PM Jepang); Pangeran Albert II (Pemimpin Monaco), Poul Schlter (MantanPM Denmark); Joseph Estrada (Mantan Presiden Philipina); Michel Hansenne (Dirjen ILO Belgia) dan masih banyak lainnya. Termasuk Presiden Joko Widodo yang merupakan Founder JCI Indonesia perwakilan Solo.

Topik Menarik