5 PO Bus Legendaris di Sumatera, Tertua Sudah Beroperasi Sejak Indonesia Belum Merdeka

5 PO Bus Legendaris di Sumatera, Tertua Sudah Beroperasi Sejak Indonesia Belum Merdeka

Travel | BuddyKu | Rabu, 22 Juni 2022 - 06:21
share

JAKARTA, iNews.id - Membahas perusahaan otobus (PO) tidak bisa lepas dari jalur Sumatera. Ada banyak PO bus lahir dari pulau seluas 473.481 km tersebut.

Beberapa PO bus di Pulau Andalas ini begitu melegenda. Bahkan ada yang beroperasi sejak Indonesia belum merdeka zaman penjajahan Belanda.

Penasaran PO bus legendaris mana saja di Sumatera? Dirangkum iNews.id, berikut deretannya.

1. Antar Lintas Sumatera (ALS)

width=560

Untuk yang sering berpergian dari Sumatera menuju Jawa ataupun sebaliknya pasti tidak asing lagi dengan PO bu Antar Lintas Sumatera atau ALS. Didirikan di Mandailing Natal Sumatera Utara pada 29 September 1966, ALS menjadi salah satu PO bus tertua di Indonesia.

Bus ini terkenal sebagai penguasa jalur Sumatera-Jawa dan menjadi bus idola busmania ingin bepergian ke daerah. ALS terkenal dengan laju kendaraannya yang cepat.

Tidak hanya itu, ALS juga dinobatkan sebagai bus yang memiliki trayek terjauh di Indonesia.

Rute terjauh bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) dan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) ini adalah Medan-Jember dengan jarak tempuh sekitar 3.000 km. Waktu perjalanan yang dibutuhkan minimal satu minggu.

2. PMTOH

width=560

Perusahaan Motor Transport Ondernemer Hasan (PMTOH) merupakan perusahaan otobus yang berasal dari Aceh. PO bus ini menjadi salah satu legenda transportasi di Sumatera.

PMTOH menawarkan trayek terjauh AKAP hingga ke Pulau Jawa. PMTOH menjadi favorit karena menawarkan fasilitas yang nyaman kepada setiap penumpang.

PMTOH sendiri telah berdiri sejak 1957. Untuk armada yang diandalkan PO PMTOH adalah bus dengan sasis Mercedes-Benz.

3. Naikilah Perusahaan Minang (NPM)

width=560

Naikilah Perusahaan Minang (NPM) merupakan PO bus tertua di Sumatera Barat fan bahkan tertua di Indonesia yang masih beroperasi. Bagaimana tidak, perusahaan ini telah melayani sebelum kemerdekaan Republik Indonesia sekitar 1937.

Didirikan di Padangpanjang, Minangkabau, Sumatera Barat, NPM saat ini sudah berumur 85 tahun. Bus NPM masih terkenal dan populer sampai sekarang.

4. Anas Nasional Sejahtera (ANS)

width=560

Anas Nasional Sejahtera (ANS) merupakan PO asal kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Sejak tahun 1970-an hingga saat ini, ANS masih menjadi andalan warga Pulau Jawa yang ingin berkunjung ke daerah seberang.

ANS melayani perjalanan dari Kota Padang Sumatera Barat menuju Bandung di Jawa Barat atau sebaliknya. Biasanya warga Pulau Jawa yang ingin pulang kampung menggunakan ANS saat mudik Lebaran.

5. Medan Jaya

width=560

Perusahaan otobus asal Sumatera ini melayani berbagai trayek. Rute terjauh Medan Jaya adalah Medan-Jakarta atau sebaliknya. PO bus yang mulai beroperasipada 8 Agustus 1988 ini memiliki julukan sang peluru dari Medan, karena terkenal laju kendaraannya yang cepat.

Bus AKAP Medan Jaya menjadi pilihan banyak warga Pulau Jawa dan Sumatera yang ingin bepergian ke daerah lain. Untuk perjalanan Pulau Jawa medan bisa ditempuh hanya dalam waktu kurang dari 45 jam.

Topik Menarik