Mencicipi Kelezatan Ayam Goreng Batubara dengan Perpaduan Rempah Nusantara

Mencicipi Kelezatan Ayam Goreng Batubara dengan Perpaduan Rempah Nusantara

Travel | BuddyKu | Selasa, 21 Juni 2022 - 22:21
share

JAKARTA, iNews.id - Ayam goreng merupakan salah satu menu masakan yang disukai banyak orang. Ada banyak jenis ayam goreng yang bisa dicicipi, yaitu dipadukan dengan sambal, bawang putih, hingga dibalut tepung bumbu.

Kali ini, jika ingin mencicipi ayam goreng yang berbeda, Anda bisa mencoba menikmati ayam goreng charcoal atau batubara dengan perpaduan rempah yang khas.

Perpaduan ayam goreng dengan bumbu charcoal ini dihadirkan oleh brand kuliner lokal Gaaram. Ayam goreng ini berbahan dasar charcoal berjenis activated charcoal atau arang aktif yang diracik langsung oleh Chef Arnold Poernomo.

Dennish Tjandra selaku Co-Founder dan CEO Foodstory Group mengatakan, sejak diperkenalkan pada awal 2020 lalu, Gaaram tidak hanya menggabungkan cita rasa kuliner dengan kandungan yang sehat dan lezat, namun juga telah memadukan 15 jenis rempah-rempah asal Indonesia dalam varian menu.

Ditambah dengan berbagai opsi pilihan sambal dan nasi jeruk, Gaaram berkomitmen untuk menjadi salah satu brand kuliner lokal yang dapat memberikan sajian berkualitas bagi masyarakat Indonesia.

Perpaduan ayam goreng dengan bumbu charcoal tidak hanya memberikan sajian yang lezat, namun juga menyehatkan bagi yang menyantap. Catatannya tidak dikonsumsi secara berlebihan, ujar Dennish Tjandra, melalui keterangannya dikutip Selasa (21/6/2022).

Presentasi menu Gaaram sangat menarik. Ayam dimasak dengan cara khusus menggunakan kertas alumunium foil, hingga membuat Charcoal merekat.

Adapun bentuk sajiannya lebih kekinian dengan rice bowl dalam mangkuk kertas berwarna oranye, disertai dengan nasi jeruk yang diberi topping lauk berupa kulit ayam krispi, daging ayam goreng berbumbu, irisan mentimun, sambal asam pedas serta taburan daun bawang.

Padu padan antara bumbu rempah asal Indonesia pada menu yang diberi nama ayam batubara ini memberikan sensasi ketagihan dari sejak gigitan pertama. Apalagi dilengkapi dengan rasa asam pedas dari sambal merah yang dihadirkan, ujar Dennish.

Terkait dengan penggunaan arang aktif ini, penelitian menyebutkan, arang aktif merupakan zat serbaguna yang mampu mengikat serta membuang racun yang ada di dalam tubuh jika dimanfaatkan
dalam jumlah yang sesuai.

Menurut American Journal of Gastroenterology, activated charcoal dapat membantu dalam mengatasi perut kembung dan masuk angin. Kandungan arang aktif dinilai memiliki kemampuan untuk mengikat zat-zat penghasil gas berlebih dalam sistem pencernaan. Arang aktif juga sering digunakan sebagai kandungan dalam obat diare untuk pengobatan alternatif.

Topik Menarik