7 Jemaah Haji Asal Padang Sakit, Dirawat di Makkah

7 Jemaah Haji Asal Padang Sakit, Dirawat di Makkah

Travel | BuddyKu | Selasa, 21 Juni 2022 - 08:58
share

PADANG, iNews.id - Sebanyak tujuh jemaah haji embarkasi Padang, Sumatera Barat (Sumbar) mengalami sakit. Saat ini mereka dirawat di Tanah Suci Makkah.

Saya berharap mudah-mudahan jemaah yang dalam perawatan ini segera sembuh dan kembali ke kloter untuk melaksanakan ibadah bersama, kata Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Sumbar Joben, Selasa (21/6/2022).

Saat ini, kata Joben, jemaah yang mengalami sakit dan sedang dalam perawatan di Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Mekkah yaitu Awaludin Syamsudin umur 63 tahun. Dia mengalami demam, sakit tenggorokan dan lemas dari kloter Padang 01.

Kedua, Maiyusra Burhanudin usia 57 tahun, mengalami sakit gas asam lambung dengan gejala yang dirasakan lemas, muntah-muntah dan sulit makan juga dari kloter Padang 1.

Kemudian ada dua haji kloter 3 yang saat ini juga dalam perawatan KKHI, atas nama Abdul Halim usia 57 tahun asal Batu Ampa, Akabiluru Kabupaten Limapuluh Kota.

Lalu Tim Pemandu Ibadah Haji Indonesia(TPIHI) atas nama Ma\'rufin Ihsan, sedang dalam perawatan dokter di hotel dan dipasang infus.

Untuk Kloter 4, ada dua jemaah yang sedang dirawat yaitu, Ade Merina binti Agustailani asal Ranah Batahan Pasaman Barat dengan keluhan sakit gigi, gusi meradang, bengkak pada pipi.

Lalu Erlin jemaah asal Kinali dirujuk ke rumah sakit dengan keluhan demensia atau penurunan daya ingat dan cara berpikir.

Selanjutnya satu lagi berasal dari Kloter Padang 05 atas nama Asmaniar usia 63 tahun yang beralamat Jalan Adinegoro Kampai Tabu Kerambil Kota Solok.

Saat ini kondisi sudah membaik, sebelumnya gula darah sempat mengalami kenaikan, kata dia.

Sementara satu haji embarkasi Padang atas nama Bangun Wahid Lubis (59) nomor manifes 262 meninggal dunia di Medinah berasal Pasaman yang tergabung dalam Kelompok Terbang IV.

Dia mengimbau untuk jemaah haji lainnya agar menjaga kesehatan sehingga ibadah haji berjalan lancar.

Untuk jemaah lainnya mari tetap menjaga kesehatan dan mengurangi mobilitas sebelum puncak haji, kata dia.

Total calon jemaah haji yang berangkat melalui embarkasi Padang pada 2022 berjumlah 2.883 orang terdiri atas 8 kloter.

Topik Menarik