Begini Rangkaian Puncak Haji 2022 di Armuzna

Begini Rangkaian Puncak Haji 2022 di Armuzna

Travel | BuddyKu | Senin, 20 Juni 2022 - 21:38
share

MAKKAH - Rangkaian puncak haji 2022 di Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna) menarik untuk diketahui. Puncak haji dimulai saat wukuf di Arafah pada 9 Dzulhijjah 1443H atau 8 Juli 2022.

Seluruh jamaah haji Indonesia akan didorong dari Makkah ke Arafah pada 8 Dzulhijjah. Proses wukuf di Arafah dimulai sejak waktu Zuhur sampai terbenamnya matahari pada 9 Dzulhijjah.

Setelah itu mulai didorong ke Muzdalifah untuk mabit (bermalam). Kemudian, pada tengah malam jamaah diberangkatkan ke Mina.

"Wukuf di Arafah, semua orang silakan doa masing-masing pokoknya doa yang baik. Kalau wukuf di Arafah itu kalau orang yang hafal hanya surat Al-Ikhlas ya udah silakan," kata Konsultan Pembimbing Ibadah Ahmad Zainul Hamdi di Makkah, Senin (20/6/2022).

Selama di Armuzna, seluruh jamaah haji Indonesia akan disediakan layanan bus dengan sistem shuttle atau taraddudi (bus yang berputar).

Perlu diingat juga, layanan konsumsi selama di Armuzna sebanyak 16 kali.

Jumlah bus yang disediakan dari Makkah ke Arafah sebanyak 21 bus, Arafah ke Muzdalifah 7 bus dan Muzdalifah ke Mina 5 bus. Jumlah bus ini sudah ditentukan oleh pemerintah Arab Saudi.

Sementara itu, jarak Makkah ke Arafah sekira 19,6 kilometer (km), jarak Arafah ke Muzdalifah sekira 10 km dan Muzdalifah ke Mina kurang lebih 5 km.

Jamaah akan berada di Muzdalifah hingga tengah malam. Di Muzdalifah, jamaah menyiapkan batu kerikil untuk lempar jumrah di jamarat, Mina.

Setelah melewati tengah malam hingga dini hari, jamaah diberangkatkan ke Mina untuk melontar jumrah.

Kemudian, jamaah didorong ke Mina. Selama di Mina, jamaah tinggal selama 3 hari, mulai tanggal 10 sampai 13 Dzulhijjah.

Ahmad Zainul memberi perhatian lebih saat lempar jumrah di jamarat. Untuk itu, jamaah haji Indonesia sudah memiliki jadwal lempar jumrah yang ditentukan pemerintah Arab Saudi. Hal ini berkaca pada kasus tragedi Mina beberapa tahun lalu.

Topik Menarik