Kisah Haru Jemaah Haji Batal Berangkat karena Terbentur Aturan Usia 65 Tahun

Kisah Haru Jemaah Haji Batal Berangkat karena Terbentur Aturan Usia 65 Tahun

Travel | BuddyKu | Jum'at, 17 Juni 2022 - 05:35
share

PEMERINTAH Arab Saudi mengeluarkan peraturan terbaru yakni jamaah haji yang berangkat tahun ini maksimal berusia 65 tahun.

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Hilman Latief memaparkan, pemerintah Arab Saudi tidak memberikan penjelasan lebih lanjut terkait peraturan baru ini.

Namun, Hilman mengatakan peraturan ini dimaksudkan pemerintah Arab Saudi untuk pencegahan dan menghindari orang lanjut usia yang mudah terjangkit Covid-19.

Pemerintah Arab Saudi memberikan kuota jemaah haji Indonesia hanya 100.051 orang, dengan 92.825 kuota jemaah haji regular, 7.226 kuota jemaah haji khusus, dan 1.901 kuota petugas. Akibat dari peraturan baru ini, banyak calon jemaah haji di Indonesia yang akhirnya tertunda untuk melaksanakan ibadah haji.

Berikut beberapa kisah haru jemaah haji yang batal berangkat karena terbentur aturan usia 65 tahun.

Bambang Samiono (67), Malang

Bambang Samiono merupakan calon jemaah haji yang berasal dari Kota Malang. Kepala Seksi Pelaksana Haji dan Umrah Kementerian Agama kota Malang mengatakan, 140 calon jemaah haji dari kota ini, batal berangkat karena peraturan jemaah haji harus berusia maksimal 65 tahun. Jemaah haji yang batal berangkat ini merupakan kloter yang harusnya berangkat pada 2020.

Bambang Samiono mengaku ikhlas dan memaklumi kebijakan pemerintah Arab Saudi mengenai pembatasan usia tersebut. Bambang sudah mendaftar haji sejak tahun 2011, dan dia memilih bersabar lagi dan berharap bisa pergi haji di tahun depan.

Sebelumnya Bambang berencana berangkat haji bersama sang istri, namun karena sang istri belum berusia 65 tahun, akhirnya Bambang merelakan sang istri untuk berangkat haji sendiri tahun ini.

Tajudin (67), Baubau

Kisah lainnya datang dari Tajudin, calon jemaah haji dari Sulawesi Tenggara. Tajudin, yang mendaftar haji sejak tahun 2010, sudah empat kali gagal berangkat haji. Alasan pertama ia gagal naik haji karena harus menjalani operasi di salah satu kakinya. Kemudian, ia kembali gagal berangkat haji karena terhalang pandemi selama dua tahun belakangan. Terakhir, di tahun ini, Tajudin lagi-lagi gagal berangkat haji karena usianya sudah lebih dari 65 tahun.

Topik Menarik