Loading...
Loading…
Mengenal Gabus Pucung, Kuliner Khas Betawi yang Nyaris Punah

Mengenal Gabus Pucung, Kuliner Khas Betawi yang Nyaris Punah

Powered by BuddyKu
Travel | Celebrities | Kamis, 16 Juni 2022 - 22:53

JAKARTA, celebrities.id DKI Jakarta memiliki berbagai macam kuliner menarik dengan citarasa yang lezat. Salah satu makanan masyarakat Betawi yang tidak banyak orang tahu adalah gabus pucung.

Executive Sous Chef The Sultan Hotel and Residence Jakarta, Eric Kusnadi mengatakan gabus pucung terbuat dari bahan dasar ikan gabus dan kluek. Untuk tampilannya sendiri memiliki warna yang hitam seperti rawon namun berbeda karena gabus pucung memiliki konsistensi yang lebih cair dibanding kluek.

Rasanya gurih terus klueknya ini tidak terlalu pekat. Berbeda dengan rawon yang pekat banget, kata Chef Eric saat ditemui dalam acara Opening Ceremony A Week in Batavia di Jakarta, (16/6/2022).

Dia juga menjelaskan bahwa gabus pucung ini salah satu makanan khas Betawi yang sudah nyaris punah.

Gabus pucung salah satu makanan yang nyaris punah. Karena nggak banyak orang yang mau ngolahnya juga. Karena bahan-bahannya sulit dicari. Kaya ikan gabusnya aja kan udah jarang ditemukan. Nyaris punah juga kan. Restoran juga nggak banyak yang nyajiin makanan ini, ucapnya.

Saat ditanya apakah jenis ikannya bisa diganti dengan ikan lain, Chef Eric mengatakan bisa saja. Namun nama dan tekstur rasanya akan beda.

Kalau gabus pucung itu kan dagingnya lebih padat dan seratnya juga banyak jadi nggak mudah hancur. Berbeda dengan ikan lain yang gampang hancur, tuturnya.

Original Source

Topik Menarik

{
{
{
{