Minyak Goreng Curah akan Diubah Jadi Kemasan Sederhana

Minyak Goreng Curah akan Diubah Jadi Kemasan Sederhana

Travel | BuddyKu | Kamis, 16 Juni 2022 - 20:33
share

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah bakal mengubah minyak curah menjadi minyak goreng kemasan sederhana. Hal itu disampaikan Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan.

Tadi kita lihat minyak curah itu kan problem distribusinya pakai jerigen, saat jerigen itu dipindahkan ya bisa yang dua liter gak kebagian kan. Jadi untuk bocor tuh peluangnya besar, kalau sudah di packing satu liter, satu liter tidak di jerigen, itu saya kira tidak mudah (bocor), papar Mendag Zulhas, sapaan akrab Zulkifli Hasan, saat blusukan di Pasar Cibubur Jakarta Timur, Kamis (16/6/2022).

Zulkifli Hasan menegaskan, bahwa minyak goreng curah tidak akan dihapus, namun akan diubah menjadi minyak goreng dengan kemasan sederhana. Saya tidak mengatakan dihapus, tapi harus lebih baik saja. Jangan bilang dihapus, tidak ada. Jalan keluarnya seperti kemasan sederhana, ujarnya.

Menurutnya, penggunaan kantong plastik biasa untuk mengemas minyak curah terlihat tidak sehat. Saya lihat ada packing sederhana kalau packingnya kantong plastik itu saya lihat tidak sehat lah, katanya.

Namun penggunaan kemasan sederhana diungkapkannya akan memerlukan dana tambahan sekitar Rp500. Nah itu dipacking yang sederhana gitu kan bagus. Cuma itu ongkosnya 500 kan. Nah 500 itu masa suruh produsen, ini saya kira yang harus kita rumuskan bareng-bareng. Dari mana dananya. Habis ini kan saya akan ada rapat, katanya.

Zulkifli menerangkan, perlu waktu 2 sampai 5 bulan ke depan untuk melakukan perubahan dari minyak goreng curah ke minyak goreng kemasan sederhana. Kalau curah dihapus ini belum siap, tambah rusak lagi, bertahap. Harus jelas peta jalannya, kemasan perlu waktu dua, tiga, lima bulan ke depan, katanya.

Topik Menarik