Loading...
Loading…
HUT ke-75 RI, Wishnutama : Lagu Kebangsaan Dinyanyikan Serentak secara Virtual

HUT ke-75 RI, Wishnutama : Lagu Kebangsaan Dinyanyikan Serentak secara Virtual

Travel | inewsid | Senin, 06 Juli 2020 - 13:48

JAKARTA, iNews.id - Ada yang berbeda dalam perayaan Hari Ulang Tahun ke-75 RI tahun ini. Jika biasanya masyarakat menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya pada saat upacara di lapangan, kini dilakukan secara virtual.

Kondisi ini dilakukan karena di tengah masa pandemi Covid-19. Aktivitas Perayaan HUT ke 75 RI dilakukan secara virtual. Mulai dari upacara, perlombaan, hingga hiburan, semua dilakukan secara virtual d rumah.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama mengatakan, Perayaan HUT ke-75 RI di tengah pandemi Covid-19 tahun ini akan terasa berbeda. Karena dilakukan secara virtual.

"Meski terbatas, tidak akan menghambat untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan. Karena masyarakat akan dilibatkan untuk berkreativitas dan berinovasi agar tetap membangkitkan semangat," kata Menparekraf saat Live Konferensi Virtual bersama Mensesneg Pratikno, di Jakarta, Senin (6/7/2020).

Menparekraf menjelaskan, Perayaan HUT ke-75 RI akan penuh dengan kreativitas yang ditayangkan di televisi dan virtual. "Mulai dari penaikan bendera hingga saat penurunan bendera durasinya lebih lama 60 menit melalui virtual. Akan ada pertunjukan kreativitas yang dipersiapkan anak bangsa. Ini akan menjadi menarik," katanya.

Menurut Menparekraf, pada saat menyanyikan lagu Kemerdekaan Indonesia Raya, dimulai pukul 10.15 tepat 17 Agustus 2020. Menyanyi bersama secara virtual ini akan dimulai dengan membunyikan sirene.

Lebih lanjut Menparekraf menjelaskan, saat memulai lagu kebangsaan akan ada sirene panjang. Setelah itu akan ada sirene berikutnya untuk memulai menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan sikap sempurna. Kemudian dipersiapkan beberapa lomba video digital untuk merayakan 17 Agustus.

"Perlombaan diadakan di kampung-kampung dan desa. Mereka dapat menunjukkan keindahan, keasrian ligkungan. Lomba akan dinilai oleh juri. Karena keterbatasan, semua penjurian dan perlombaan dilakukan melalui video. Juri menilai dan ada tim verifikasi. Lomba ini menjadi berbeda," katanya.

Dia menambahkan, kegiatan Perayaan HUT ke-75 RI ini akan disosialisasikan melalui platform digital dan lain media lain. "Tujuannya agar masyarakat tetap khidmat mengikuti HUT ke-75 RI. Masyarakat dapat mengikuti perayaan dengan hikmat, meriah, semangat dan jauh lebih baik dibanding sebelumnya," tutur Menparekraf.

Original Source

Topik Menarik

{