Loading...
Loading…
Resep Sup Krim Jamur Lezat untuk Temani Akhir Pekan

Resep Sup Krim Jamur Lezat untuk Temani Akhir Pekan

Travel | inewsid | Sabtu, 04 Juli 2020 - 20:03

JAKARTA, iNews.id - Jamur mempunyai tekstur yang hampir serupa dengan daging, namun lebih lembut dan lunak. Bahan makanan ini juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan seperti protein, serat, vitamin, dan mineral.

Selain itu, jamur juga mengandung antioksidan, selenium dan polisakarida serta vitamin D2 (ergokalsiferol). Kandungan-kandungan tersebut dapat membuat jamur memberikan manfaat seperti memperkuat sistem kekebalan tubuh, menghambat pertumbuhan sel kanker, sehat bagi jantung, dan sebagainya.

Walaupun demikian, ada juga risiko-risiko yang mengintai seperti keracunan misalnya. Terlepas dari itu, yang paling penting adalah memilih jamur yang berkualitas serta memasaknya dengan benar.

Salah satu menu olahan yang dapat Anda coba adalah sup krim jamur. Cara pembuatannya pun tak terlalu rumit. Berikut bahan-bahan dan cara pembuatannya, seperti dilansir dari The Kitchn , Sabtu (4/7/2020).

Bahan :

1 ons jamur porcini kering
1 1/2 gelas air mendidih
1 bawang bombai sedang
2 siung bawang putih
4 sdm mentega
1 pon irisan jamur kancing
1 1/2 sdt garam halal
1/4 sdt lada hitam
3 sdm tepung
4 gelas kaldu ayam (32 ons)
2 sdm kecap
2 sdt daun timi kering
2 daun salam
1/2 gelas krim kental

Cara Memasak:

1. Masukkan 1 ons jamur porcini kering dalam mangkuk. Rendam dengan 1 1/2 gelas air mendidih. Rendam sampai sebagian besar melunak, sekitar 15 menit.
2. Kemudian potong dadu 1 bawang bombai sedang dan cincang 2 siung bawang putih.
3. Lelehkan 4 sendok makan mentega dalam di atas panci dengan api sedang. Tambahkan bawang bombai, bawang putih, dan 1 pon irisan jamur kancing, dan bumbui dengan 1 1/2 sendok teh garam dan 1/4 sendok teh lada hitam. Masak, aduk sesekali hingga jamur melunak.
4. Tuang jamur yang direndam melalui saringan ke dalam gelas atau mangkuk pengukur. Lalu cincang kasar jamur.
5. Taburkan 3 sendok makan tepung ke dalam panci dan aduk. Masak sampai agak kecoklatan, aduk secara teratur, sekitar 2 menit. Tuang 4 gelas sayuran kaldu ayam dan aduk bagian bawah panci dengan sendok kayu.
6. Aduk cairan dari jamur, jamur porcini cincang, 2 sendok makan kecap kedelai, 2 sendok teh thyme kering, dan 2 daun salam. Didihkan. Kecilkan api dan biarkan mendidih sampai rasa berkembang dan sup sedikit mengental, yakni sekitar 30 menit.
7. Pindahkan sekitar 2 cangkir sup ke blender atau food processor dan puree sampai halus. Aduk pure kembali ke panci. Angkat dari api dan aduk 1/2 cangkir krim kental.
8. Sajikan sup selagi hangat.

Selamat mencoba!

Original Source

Topik Menarik