Bersaing dengan Sehat! Jerman Mendorong Pembuatan Kereta Hidrogen Terbaru dan Uji Coba Tangki Penyimpanannya

Bersaing dengan Sehat! Jerman Mendorong Pembuatan Kereta Hidrogen Terbaru dan Uji Coba Tangki Penyimpanannya

Travel | koran-jakarta.com | Minggu, 12 Juni 2022 - 09:30
share

Perusahaan asal Jerman , Deutsche Bahn (DB) dan Siemens Mobility terus mendorong transisi transportasi ramah iklim di kereta api. Kedua mitra menampilkan elemen sistem lengkap inovatif mereka di pabrik Siemens di Krefeld: Mireo Plus H yang baru dikembangkan, kereta bertenaga hidrogen generasi berikutnya, dan trailer penyimpanan hidrogen seluler yang baru dirancang.

Sebagai kereta dua gerbong, Mireo Plus H untuk proyek H2goesRail memiliki jangkauan operasi hingga 800 kilometer, sekuat rekan beberapa unit listriknya, memiliki daya traksi 1,7 MW yang menyediakan akselerasi hingga 1,1 m/s2 , dan kecepatan tertinggi 160 kilometer per jam. Versi tiga mobil memiliki jangkauan hingga 1.000 kilometer.

Salah satu elemen kunci yang diperlukan untuk membuat teknologi hidrogen kompetitif dengan bahan bakar diesel dalam operasi sehari-hari adalah proses pengisian bahan bakar yang cepat.

Untuk menyediakan ini, DB telah mengembangkan metode baru yang, untuk pertama kalinya, memungkinkan kereta hidrogen untuk mengisi bahan bakar secepat kereta bertenaga diesel. Ini merupakan faktor yang sangat penting mengingat penjadwalan yang sangat dekat dari layanan penumpang regional DB. Pengisian bahan bakar kereta hidrogen yang cepat akan membuat teknologi ini kompetitif dalam operasi sehari-hari.

Kereta hidrogen memiliki teknologi penggerak yang sangat ramah iklim, karena kereta ini beroperasi bebas emisi dengan hidrogen hijau dan hanya mengeluarkan uap air. Dalam proyek H2goesRail, misalnya, kereta hidrogen akan menghemat sekitar 330 ton CO2 dalam satu tahun di jalur Tbingen-Pforzheim, dibandingkan dengan kereta bertenaga diesel. Secara umum, Mireo Plus H dapat menghemat 520 ton per tahun tergantung pada profil rute (dihitung dengan jarak tempuh 200.000 kilometer).

Hidrogen akan diproduksi di Tbingen oleh DB menggunakan listrik ramah lingkungan yang diambil langsung dari saluran listrik di atas. Untuk melayani kereta, depot pemeliharaan DB di Ulm akan dilengkapi sesuai dengan itu.

Mireo Plus H akan mulai diuji di Baden-Wrttemberg pada tahun 2023. Selama layanan penumpang yang direncanakan pada tahun 2024, kereta hidrogen untuk proyek H2goesRail dengan Deutsche Bahn akan menyediakan layanan penumpang reguler antara Tbingen, Horb dan Pforzheim dan menggantikan kereta diesel.

Siemens Mobility dan Deutsche Bahn juga akan memamerkan proyek H2goesRail dan Mireo Plus H di InnoTrans 2022, pameran perdagangan terbesar di dunia untuk teknologi kereta api, yang diadakan di Berlin.

Topik Menarik