Pertempuran Sengit di Ukraina Timur, Zelensky: Dunia Harus Lihat

Pertempuran Sengit di Ukraina Timur, Zelensky: Dunia Harus Lihat

Travel | BuddyKu | Sabtu, 11 Juni 2022 - 18:52
share

KIEV Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada Jumat mengatakan pertempuran dengan pasukan Rusia sedang berlangsung sengit di wilayah timur dan selatan Ukraina. Dia meminta dunia internasional untuk melihat medan perang, dan bukannya berpaling.

Sebelumnya, pemerintah Ukraina mengonfirmasi bahwa pihaknya telah meluncurkan serangan udara baru di wilayah selatan Kherson, salah satu wilayah yang ingin direbut Rusia setelah invasi 24 Februari.

Tetapi Zelensky mengatakan pertempuran yang sangat sulit sedang berlangsung, termasuk di wilayah Donbas timur di mana Moskow telah memusatkan senjatanya, terutama di sekitar kota industri timur Severodonetsk.

"Pasukan Ukraina melakukan segalanya untuk menghentikan serangan penjajah," kata Zelensky dalam sebuah pidato.

"Sebanyak senjata berat, artileri modernsemua yang kami minta dan terus minta kepada mitra kamiizinkan itu," ujarnya.

Di wilayah Mykolaiv dekat garis depan di selatan, gubernur regional Vitaliy Kim menekankan kebutuhan mendesak akan bantuan militer internasional.

"Tentara Rusia lebih kuat, mereka memiliki banyak artileri dan amunisi. Untuk saat ini, ini adalah perang artileri...dan kami kehabisan amunisi," katanya.

"Bantuan Eropa dan Amerika sangat-sangat penting karena kami hanya butuh amunisi untuk membela negara kami."

Zelensky mengatakan dalam pidatonya bahwa dunia internasional harus melihat medan pertempuran. "Ukraina harus tidak membiarkan dunia mengalihkan perhatiannya dari apa yang terjadi di medan perang," katanya, seperti dikutip The Moscow Times , Sabtu (11/6/2022).

(min)

Topik Menarik