22 Restoran Sunda di Bandung yang Enak, Cocok Buat Wisata Kuliner!

22 Restoran Sunda di Bandung yang Enak, Cocok Buat Wisata Kuliner!

Travel | BuddyKu | Rabu, 8 Juni 2022 - 21:24
share

RESTORAN sunda di Bandung yang terkenal enak dan wajib dikunjungi. Bandung termasuk salah satu kota besar di Jawa Barat yang memiliki banyak destinasi wisata. Baik wisata alam maupun wisata kuliner.

Tak lengkap rasanya, jika berkunjung ke ibukota provinsi Jawa Barat ini tanpa mencoba makanan khas sunda. Pasalnya, makanan suku Sunda ini kerap dikenal pedas dan menggugah selera.

Lantas, mana saja restoran sunda di Bandung yang terkenal enak? Untuk lebih jelasnya, simak rangkuman Okezone berikut ini.

Restoran Sunda di Bandung

1.Warung Nasi Ibu Imas

Banyak orang yang bilang, jika liburan ke Bandung rasanya belum afdol rasanya kalau tidak mencicipi makanan khas Sunda di Warung Nasi Ibu Imas. Tempat makan khas Sunda ini terkenal akan sambal terasi dan karedok leunca-nya yang super pedas dan menggoyang lidah.

Warung Nasi Ibu Imas yang berlokasi di Jalan Balonggede, Bandung ini selalu ramai dipadati oleh pelanggan. Baik dari dalam kota, maupun dari luar kota Bandung. Selain sambal, restoran satu ini terkenal dengan menu nasi ayam dengan aneka pilihan lauk yang lezat.

2.Sangkuriang Resto

Sangkuriang Resto termasuk restoran yang pas untuk memanjakan perutmu dengan makanan khas Sunda. Di restoran ini, ada dua pilihan tempat makan yang bisa kamu pilih. Yakni, duduk di kursi atau lesehan di saung-saung yang ada di tengah taman.

Di sana, kamu bisa menikmati indahnya pemandangan air mancur dan kolam ikan. Jika tertarik, kamu bisa bertandang ke jalan Karangsari No.5, Pasteur, Kec. Sukajadi, Kota Bandung.

3.Saung Si Bungsu

Jika bertandang ke Bandung, jangan lupa berkunjung ke restoran Saung Si Bungsu. Restoran ini sudah tidak perlu diragukan lagi, sebab makanan yang dihidangkan terkenal lezat dengan harga murah.

Terdapat menu rumahan khas Sunda, seperti Nasi Tutug Oncom, Ayam Bakar Madu, Iga Bakar, hingga Jengkol Goreng. Pemandangannya pun sangat menarik. dengan penataan tempat duduk yang sedemikian rupa di antara tanaman hias dan bunga-bunga yang indah.

Lokasi restoran ini ada di jalan Sersan Bajuri No.102, Cihideung, Parongpong, Cihideung, Kec. Parongpong, Kabupaten Bandung Barat.

4.Imah Seniman

Selain terkenal dengan resortnya, Imah Seniman juga terkenal dengan restoran khas Sunda. Tempat satu ini memiliki nuansa pedesaan yang sangat asri. Letaknya yang sedikit jauh dengan jalan raya membuat kamu merasa tenang sebab tak mendengar kebisingan lalu lintas.

Rumah makan Sunda yang berlokasi di Jl. Kolonel Masturi No. VIII, Gudangkahuripan, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat ini dikelilingi pohon yang rimbun dan kolam ikan dengan bunga teratai di tengahnya. Sementara pilihan menunya pun beragam dan dijamin lezat.

ilustrasi

5.Nasi Bancakan

Restoran Sunda di Bandung yang juga terkenal adalah Nasi Bancakan. Restoran yang berlokasi di jalan Trunojoyo No.62, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung ini mengusung tema jadul alias tempo dulu. Hal ini nampak dari piring dan gelas yang digunakan terbuat dari besi dengan motif kembang atau motif garis-garis hijau.

Di restoran ini kamu bebas memilih makanan yang kamu mau, alias prasmanan. Selain itu, kamu bisa memilih duduk di kursi atau lesehan. Menu makanan yang dihidangkan pun mulai dari tutut, daun singkong, jengkol, dan aneka sambal.

6.Rumah Makan Alas Daun

Warga Bandung mungkin tak asing lagi dengan restoran satu ini. Restoran Sunda Jl. Citarum No.34, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung ini memiliki tagline "Sensasi Makan Tanpa Piring". Ya, Rumah Makan Alas Daun ini berkonsep tradisional.

Terletak di pusat kota Bandung, tak heran bila restoran satu ini selalu ramai pengunjung baik lokal maupun luar daerah. Selayaknya restoran Sunda kebanyakan, di sini kamu memilih menu yang telah ditata rapi seperti prasmanan.

Menunya cukup beragam, ada orak-arik bunga pepaya, ayam bumbu hejo, sambal goreng kentang, sate maranggi, hingga aneka sambal seperti sambal dadak, sambal halilintar, dan sambal goreng.

7.Kampung Daun

Ingin mencoba sensasi menyantap makanan Sunda di saung? Kamu wajib mengunjungi Restoran Kampung Daun.Restoran yang berlokasi di kawasan Perumahan Villa Triniti, Cigugur Girang, Kec. Parongpong, Kabupaten Bandung Barat ini memiliki fasilitas tempat makan berupa saung yang bisa digunakan pengunjung untuk menyantap makanan.

ilustrasi

Di sini tersedia beragam makanan khas Sunda yang lezat, mulai dari sop buntut, aneka tongseng, sop iga hingga nasi liwet. Selain itu, ada pula makanan khas daerah lain seperti Soto Kudus.

8.Purbasari, Dusun Bambu

Bagi kamu yang berkunjung ke Dusun Bambu jangan sampai melewatkan untuk mencicipi makanan dari restoran Purbasari. Restoran khas Sunda ini memiliki desain yang unik berupa rumah kayu berjejer rapi.

Restoran yang berlokasi di jalan Kolonel Masturi No.KM. 11, Kertawangi, Kec. Cisarua, Kabupaten Bandung Barat ini menyajikan menu yang beragam mulai dari aneka pepes, nasi liwet hingga aneka lauk yang menggoda.

Topik Menarik