15 Jajanan Khas Bandung, Bikin Goyang Lidah Nih!

15 Jajanan Khas Bandung, Bikin Goyang Lidah Nih!

Travel | BuddyKu | Rabu, 8 Juni 2022 - 09:24
share

TERDAPAT beragam jajanan khas Bandung yang bisa dicicipi oleh pecinta kuliner. Bandung juga terkenal dengan kelezatan kulinernya yang tersebar di penjuru kota.

Ada banyak sekali kuliner khas Bandung. Yang paling terkenal tentu saja kuliner seperti Batagor, Cuanki, hingga Seblak.

Namun sebagai kota yang kaya akan makanan khas, terdapat beberapa kuliner lezat khas Bandung yang wajib dicoba.

Berikut jajanan khas Bandung yang wajib dicoba dirangkum Okezone dari berbagai sumber

1.Gehu

Selain makanan berat, terdapat kuliner lezat khas Bandung yang berbentuk gorengan dan sangat wajib dicoba yaitu gehu. Penamaan gehu merupakan singkatan dari tauge tahu.

Sesuai namanya, gorengan ini merupakan jenis tahu yang diisi dengan tauge, dan bisa juga diisi dengan bihun, kol, dan wortel.

Selain menggunakan isian sayur seperti tauge dengan kandungan seratnya yang tinggi, beberapa produsen juga ada yang menawarkan isian premium berupa ayam dan ebi.

2. Ulukutek Leunca

Kuliner khas Bandung selanjutnya yang sangat lezat adalah ulukutek leunca. Sesuai namanya, makanan ini terbuat dari bahan leunca atau sayuran ranti yang dimasak bersama dengan sambal oncom.

Walaupun leunca memiliki rasa pahit, namun saat diolah menjadi ulukutek, rasa pahitnya memudar dan berubah menjadi olahan yang begitu lezat.

3. Bageur

Siapa yang tidak kenal dengan makanan burger dan juga bakpao? Walaupun bukan kuliner asli Nusantara dan berasal dari luar negeri, namun kedua jenis makanan tersebut tentu sudah sangat populer bagi banyak orang Indonesia.

Secara garis besar, Bageur adalah makanan yang terdiri dari potongan bakpao di atasnya yang diberi isian selayaknya burger yakni daging, selada, tomat, bawang bombay, mayonnaise dan keju, lalu ditutup dengan bakpao lagi.

4. Peuyeum

Selanjutnya kuliner khas Bandung lainnya yang merupakan akulturasi dan modifikasi dari makanan yang sudah ada adalah Peuyeum, yang merupakan tape nya orang Bandung.

Sebenarnya tidak ada perbedaan signifikan antara tape pada umumnya dengan Peuyeum, namun yang menjadikannya menarik adalah para penjual Peuyeum di pasar-pasar tradisional Bandung menampilkan dagangannya dengan cara digantung layaknya daging untuk memikat konsumen.

5. Mie Kocok Bandung

Salah satu kuliner khas Bandung lezat lainnya yang wajib dicoba adalah mie kocok, yang sekilas tampak seperti mie ayam ataupun mie bakso yang kerap dijumpai oleh masyarakat.

Namun ada perbedaan yang cukup banyak dari keduanya, karena kuah yang dipakai pada mie kocok cenderung lebih kental, sedangkan mie ayam/bakso lebih encer. Hal ini karena mie kocok Bandung kaldunya terbuat dari daging sapi dan ditambah pula adanya tulang sapi, menjadikannya kental dan lezat.

Topik Menarik