Loading...
Loading…
Pesawat Pengintai Australia Dicegat Jet Tempur China, Ketegangan Semakin Meningkat

Pesawat Pengintai Australia Dicegat Jet Tempur China, Ketegangan Semakin Meningkat

Powered by BuddyKu
Travel | Okezone | Selasa, 07 Juni 2022 - 11:18

AUSTRALIA - Pejabat-pejabat pertahanan Australia mengatakan bahwa pesawat pengintai Angkatan Udara Australia dicegat pesawat tempur China di wilayah Laut China Selatan pada Mei lalu. Insiden itu kembali memicu ketegangan lama antara kedua negara.

Para pejabat Australia mengatakan pencegatan pesawat pengintai maritim mereka oleh jet tempur J-16 China pada 26 Me lalui adalah "manuver berbahaya" yang mengancam keselamatan awaknya.

Pesawat Angkatan Udara Australia itu sedang dalam misi rutin. Diduga, jet China itu melepaskan "sekam" - piranti antiradar yang mencakup sejumlah kecil aluminium yang masuk ke mesin pesawat Australia.

Insiden itu mengobarkan kembali ketegangan lama antara kedua negara. Australia dan sekutunya yang sebelumnya bersikeras bahwa klaim China atas pulau-pulau yang diperebutkan di Laut Cina Selatan tidak sesuai dengan hukum internasional.

Menteri Pertahanan Richard Marles mengatakan Australia tidak akan takut dan mundur. Insiden ini tidak akan menghalangi Australia untuk terus terlibat dalam kegiatan ini, yang merupakan hak kami berdasar hukum internasional untuk memastikan bahwa ada kebebasan navigasi di Laut China Selatan, tegasnya.

Hubungan bilateral antara Australia dan China telah memburuk karena berbagai perselisihan geopolitik. Tuduhan bahwa China campur tangan dalam urusan dalam negeri Australia dan melakukan spionase dunia maya telah dibantah Beijing yang menilai tuduhan-tuduhan itu sebagai "histeria antiChina."

Baru-baru ini, ketegangan muncul atas ambisi China di Pasifik Selatan, wilayah yang dianggap Australia sebagai lingkup pengaruhnya.

Original Source

Topik Menarik