Mendag Keluarkan Peringatan Keras ke Pemain Minyak Goreng

Mendag Keluarkan Peringatan Keras ke Pemain Minyak Goreng

Travel | BuddyKu | Selasa, 7 Juni 2022 - 09:50
share

IDXChannel - Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi mengeluarkan ultimatum kepada para pemain minyak goreng, mulai dari produsen hingga distributor, agar mengikuti aturan yang telah dikeluarkan pemerintah.

Mendag menjelaskan saat ini pemerintah memastikan bahwa semua alur distribusi minyak goreng curah mulai dari produsen hingga sampai ketangan konsumen sudah berbasis digital.

"Jadi kita bisa tahu dimana permasalahannya dimana tersendatnya," ujar Mendag usai mengunjungi Pasar Ampera, Jakarta Timur, Selasa (6/6/2022).

Mendag mengancam tegas jika masih ada oknum-oknum yang masih berani bermain-main minyak goreng jika mengganggu proses distribusi minyak goreng curah ke masyarakat yang sebelumnya bermasalah.

"Ini semua akan dikerjasamakan oleh aparat penegak hukum oleh sebab itu saya minta kepada pemain minyak goreng untuk mengikuti aturan pemerintah," sambung Mendag.

Menurutnya upaya pemerintah dalam mengatasi masalah minyak goreng telah banyak melibatkan aparat penegak hukum, mulai dari kejaksaan, kepolisian, hingga Militer yang juga ditugaskan untuk menjaga keamanan negara.

"Karena saya tegaskan sekali lagi, disini satgas pangan melalui kepolisian ikut mengikuti, begitu juga kejaksaan, dan juga militer untuk memastikan ketersediaan dan keterjangkauan minyak goreng curah rakyat ini," lanjutnya.

Sebelumnya menteri pemerintah mencabut Subsidi minyak goreng curah dan mengembalikannya dengan sistem DMO (domestic market obligation) atau pemenuhan stok dalam negeri sesuai ketentuan, dan DPO (Domestic price obligation) untuk menetapkan harganya.

Sehingga para perusahaan CPO harus memenuhi kebutuhan dalam negeri terlebih dahulu sebelum mereka mendapatkan izin ekspor CPO. Kebijakan tersebut juga yang terkahir membuat lubang korupsi di tubuh kementerian perdagangan akibat menerima suap izin ekspor. ( RAMA )

Topik Menarik