Mana Lebih Dingin, Kutub Utara atau Selatan? Yuk Simak Penjelasannya

Mana Lebih Dingin, Kutub Utara atau Selatan? Yuk Simak Penjelasannya

Travel | BuddyKu | Selasa, 7 Juni 2022 - 01:10
share

BILA ingin merasakan sensasi dingin bukan main, rasanya ada dua lokasi yang menjadi \'top of mind\'. Apalagi kalau bukan Kutub Utara dan Kutub Selatan.

Suhu dingin hingga salju yang menyelimuti dua kutub tersebut tak lepas dari posisi mereka, atas (utara) dan bawah (selatan) planet bumi. Lantas apa hubungannya?

Imbas dari posisi tersebut, dua kutub ini tak mendapatkan cahaya langsung dari matahari. Baik dari Kutub Utara maupun Selatan selalu terbenam rendah di cakrawala meski di tengah musim panas sekalipun.

Ketika musim dingin tiba, letak matahari sangat jauh di bawah cakrawala. Hal ini menyebabkan tak muncul selama berbulan-bulan di Kutub Utara dan Kutub Selatan.

Di samping itu, permukaan Es serta salju di dua kutub itu begitu reflektif. Artinya, setiap kali ada energi matahari memancar akan dipantulkan kembali ke angkasa guna menjaga udara di atas permukaan kutub relatif dingin.

Kutub Utara dan Kutub Selatan boleh jadi terlihat mirip. Sama-sama dipenuhi es dantentu saja terasa sangat dingin.

Namun apakah tidak ada salah satu di antara keudanya yang lebih dingin? Tentu ada. Melansir dari livescience.com , berdasarkan Lembaga Oseanografi Woods Hole, ternyata Kutub Selatan jauh lebih dingin ketimbang Kutub Utara.

Topik Menarik