Loading...
Loading…
Mencicipi Gurihnya Belut Kretek, Kuliner Unik Khas Madura

Mencicipi Gurihnya Belut Kretek, Kuliner Unik Khas Madura

Powered by BuddyKu
Travel | Celebrities | Selasa, 07 Juni 2022 - 00:30

SURABAYA, celebrities.id - Sajian kuliner unik di Kota Surabaya seolah tidak ada habisnya. Salah satu kedai makan di Surabaya menyajikan kuliner belut kretek. Selain sehat dan nikmat, makanan khas Madura ini juga bergizi dan kaya rempah.

Kenikmatan belut kretek semakin lengkap lantaran disajikan dengan sajian sambal tomat. Ditambah lagi dengan sajian serundeng kelapa yang telah disangrai dan nasi jagung yang dikenal rendah kandungan karbohidrat.

Kuliner ini dinamai kretek karena banyaknya kandungan rempah. Saya ke sini mampir saja terus ada menu belut saya pesan, rasanya ingat kampung saja, maknyus banget, ujar Idoy, salah seorang penikmat kuliner, Senin (6/6/2022).

Siti Aisyah, pemilik kedai, menuturkan, pengolahan belut cukup sederhana. Untuk membuat kuliner unik ini belut yang telah dibersihkan dipotong-potong terlebih dahulu. Kemudian belut dimasak bersama bumbu rahasia hingga meresap sebelum kemudian digoreng.

Setelah digoreng seluruh bahan-bahan ini disajikan bersama nasi jagung, serundeng kelapa dan sambal yang sebelumnya telah disiapkan.

Selain belut kretek yang harganya ramah dikantong, kuliner tradisional Madura lain dengan harga murah juga bisa dinikmati di kedai makan ini, yaitu nasi jagung sambal babat dan paru.

Satu porsi belut kretek dihargai Rp23 ribu. Sedangkan nasi jagung sambal babat dan paru goreng cukup Rp17 ribu saja.


Original Source

Topik Menarik