Cegah Penyebaran Cacar Monyet, CDC Imbau Masyarakat Tak Makan Daging Jenis Ini

Cegah Penyebaran Cacar Monyet, CDC Imbau Masyarakat Tak Makan Daging Jenis Ini

Travel | BuddyKu | Sabtu, 4 Juni 2022 - 19:35
share

Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menyarankan beberapa hal untuk mencegah penyebaran penyakit cacar monyet .

CDC menyebut virus cacar monyet bisa menyebar dari orang yang pernah melakukan kontak dengan hewan yang terinfeksi.

Penularannya bisa dengan cara digigit, dicakar atau dengan mengkonsumsi daging hewan mentah yang terinfeksi cacar monyet.

Pada kasus penularan manusia ke manusia, cacar monyet menular lewat tiga cara yakni menghirup tetesan pernapasan (droplet), menyentuh langsung orang yang terinfeksi, serta melalui pakaian yang telah terpapar cairan dan luka (kasus jarang).

Selain itu, cacar monyet juga bisa menyebar melalui kontak pribadi yang amat dekat seperti kontak kulit dengan kulit atau berciuman.

Itu (cacar monyet) dapat ditularkan selama kontak seksual dan intim, ujar John Brooks, ahli epidemiologi CDC, dikutip dari Euro News, Sabtu (4/6/2022).

John juga menjelaskan, meski sejumlah pihak melaporkan cacar monyet paling banyak dialami laki-laki yang melakukan hubungan seks dengan laki-laki, penyakit ini bukanlah infeksi menular seksual.

Apalagi penyakit ini tidak diketahui bisa menyebar lewat air mani selama berhubungan seksual. Alhasil siapa pun bisa terpapar virus cacar monyet, terlepas dari orientasi seksualnya.

Karena itu Layanan Kesehatan Nasional Inggris dan CDC sepakat, sebaiknya masyarakat di wilayah terpapar segera melakukan tindakan pencegahan untuk meminimalkan risiko infeksi virus cacar monyet.

Beberapa tindakan yang bisa dilakukan sebagai berikut:

Artikel Menarik Lainnya:

Topik Menarik