4 Bos Startup Terkaya di Indonesia, Siapa Saja?

4 Bos Startup Terkaya di Indonesia, Siapa Saja?

Travel | BuddyKu | Sabtu, 4 Juni 2022 - 14:29
share

IDXChannel Ada sederet bos startup terkaya di Indonesia yang dirilis Majalah Globe Asia. Beberapa pemimpin dari perusahaan rintisan ini berhasil meraih kesuksesan dan menyandang status unicorn. Tak sedikit juga startup yang berhasil menyandang status decacorn.

Pertumbuhan bisnis startup Indonesia memang terbilang pesat. Seiring dengan perkembangan startup ini, Majalah Globe Asia merilis daftar 150 orang terkaya di Indonesia tahun 2018, di mana beberapa bos startup berhasil masuk dalam daftarnya.

Lantas, siapa saja bos startup terkaya di Indonesia? IDXChannel merangkum beberapa daftarnya sebagai berikut.

4 Bos Startup Terkaya di Indonesia

Ada sedikitnya empat pemilik startup yang berhasil masuk daftar orang terkaya versi Majalah Globe Asia. Keempat bos startup ini antara lain sebagai berikut:

1. Nadiem Makarim

Nadiem Anwar Makarim atau lebih dikenal dengan Nadiem Makarim merupakan pendiri startup Gojek yang saat ini berhasil memiliki valuasi perusahaan yang tinggi. Kini, Gojek bahkan telah menyandang status decacorn dan menempati urutan pertama startup dengan valuasi terbesar di Indonesia. Saat ini, valuasi Gojek mencapai USD10 miliar atau setara dengan Rp144 triliun.

Tak heran jika Nadiem berhasil menjadi salah satu bos startup terkaya di Indonesia. Berdasarkan data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) periode 2021, Nadiem Makarim yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia ini tercatat memiliki harta hingga mencapai Rp1,175 triliun.

2. Achmad Zaky

Achmad Zaky yang merupakan pendiri sekaligus CEO Bukalapak juga masuk dalam jajaran pemilik startup terkaya. Berdasarkan laporan Globe Asia, total kekayaan Achmad Zaky bahkan diperkirakan mencapai USD100 juta atau setara Rp1,5 triliun. Pengusaha muda yang satu ini telah mulai merintis Bukalapak sejak usia 24 tahun. Ia juga menjadi pemilik startup termuda yang masuk jajaran orang terkaya versi Globe Asia.

3. William Tanuwijaya

William Tanuwijaya yang merupakan pemilik Tokopedia juga masuk dalam daftar pemilik startup terkaya. Menyusul Gojek, Tokopedia besutan William Tanuwijaya juga menjadi salah satu perusahaan rintisan yang memiliki valuasi besar. Tidak mengherankan jika kekayaan William Tanuwijaya pun melimpah. Menurut catatan Globe Asia, total kekayaannya diperkirakan mencapai USD130 juta atau setara dengan Rp1,95 triliun.

4. Ferry Unardi

Pendiri Traveloka, Ferry Unardi juga menjadi salah satu pemilik startup terkaya yang masuk daftar Globe Asia. Traveloka secara resmi berhasil menjadi perusahaan unicorn yang telah mempekerjakan lebih dari 1.200 karyawan. Nilai perusahaan besutan Ferry Unardi ini bahkan telah mencapai USD2 miliar atau setara dengan Rp28 triliun pada 2019. Kegigihan pengusaha muda ini membangun Traveloka berhasil membuatnya memiliki kekayaan mencapai USD145 juta atau setara dengan Rp2,09 triliun. Ia juga masuk dalam daftar Forbes 30
Under 30 Asia untuk kategori Retail & E-Commerce.

Itulah empat bos startup terkaya di Indonesia yang memiliki kekayaan triliunan rupiah. Berkat perkembangan startup yang demikian pesat dan valuasi perusahaannya yang tinggi, beberapa pengusaha muda ini berhasil mengumpulkan kekayaan yang melimpah.

Topik Menarik