Loading...
Loading…
Siapa Pemilik Kopi Kenangan? Unicorn F&B Pertama di Asia Tenggara

Siapa Pemilik Kopi Kenangan? Unicorn F&B Pertama di Asia Tenggara

Powered by BuddyKu
Travel | IDX Channel | Sabtu, 04 Juni 2022 - 11:29

IDXChannel Siapa pemilik Kopi Kenangan? Banyak orang belum mengetahui pemilik dari salah satu retail minuman kopi yang populer di kalangan anak muda ini. Kopi Kenangan sendiri merupakan bisnis Food and Beverage (F&B) pertama di Asia Tenggara yang berstatus unicorn.

Dari awalnya hanya bisa menjual 700 cangkir, kedai Kopi Kenangan berhasil melakukan ekspansi bisnis hingga ke beberapa wilayah di Indonesia dan memiliki sebanyak 600 gerai.

Lantas, siapa pemilik Kopi Kenangan? Agar lebih jelasnya, IDXChannel merangkum sosok di balik salah satu bisnis kopi terbesar di Indonesia ini. Siapa Pemilik Kopi Kenangan?

Kopi Kenangan merupakan bisnis minuman kopi yang didirikan oleh James Prananto dan rekannya, Edward Tirtanata. Kedai kopi dengan bahan baku kopi susu dan gula aren ini rupanya berhasil berkembang pesat dan bahkan memiliki lebih dari 600 gerai. Tak heran bisnis food and beverage ini kini menyandang status unicorn pertama di Asia Tenggara.

Siapa Pemilik Kopi Kenangan? (Foto: MNC Media)

James Prananto dan Edward Tirtanata merupakan teman kuliah saat menempuh pendidikan di University of Southern California (USC), Amerika Serikat. James dan Edward memang sudah lama memiliki keinginan untuk membuka bisnis bersama.

Baca Juga :
4 Bos Startup Terkaya di Indonesia, Siapa Saja?

Sebelum membuka Kopi Kenangan, dua teman sekaligus rekan bisnis ini mengawali bisnis mereka dengan membuka Lewis & Carroll Tea (L&C). Bisnis ini adalah bisnis teh premium yang berlokasi di kawasan Jakarta. Bisnis tea shop James ini membidik pasar kalangan menengah ke atas sehingga secangkir teh L&C dibandrol dengan harga Rp40 ribu hingga Rp60. Sayangnya, bisnis ini tak berjalan dengan baik.

James dan Edward pun kembali memutar otak untuk membuka bisnis baru. Mereka pun terinspirasi dari kebiasaan ngopi yang banyak dilakukan masyarakat Indonesia. Akhirnya, James dan Edward sepakat membuka kedai kopi yang mereka namakan Kopi Kenangan.

Gerai pertama Kopi Kenangan terletak di Menara Standard Chartered, daerah Kuningan, Jakarta Selatan. Tak disangka, bisnis Kopi Kenangan James dan Edward menemui pintu keberhasilannya sejak pertama kali dibuka. Dari 700 cangkir di gerai pertama, Kopi Kenangan kini berhasil menjual kurang lebih 3 juta cangkir kopi setiap bulannya. Kopi Kenangan juga berhasil menjadi franchise yang telah memiliki ratusan gerai. James Prananto Masuk Daftar Forbes 30 Under 30 Asia

Baca Juga :
Menikmati Kopi yang Disuguhkan dari Tenaga Matahari

Keberhasilan Kopi Kenangan juga sekaligus mengantarkan James Prananto sang Co-Founder dalam daftar Forbes 30 Under 30 Asia untuk kategori retail and ecommerce 2019.

Untuk memulai Kopi Kenangan, James mendapatkan pendanaan dari Alpha JWC Venture sebesar USD8 juta atau setara dengan Rp115 miliar. Meski sempat merasa khawatir bahwa bisnis kopi ini akan mengalami nasib yang sama seperti teh L&C, namun Kopi Kenangan berhasil sukses bahkan sejak hari pertama pembukaan.

Kopi Kenangan dengan Berbagai Varian Rasa. (Foto: MNC Media)

Pada Desember 2021 lalu, KopiKenangan kembali mendapatkan bantuan dana sebesar USD96 juta atau setara dengan Rp1,38 triliun. Kini, bisnis James dan Edward ini diperkirakan telah memiliki 600 gerai dengan lebih dari 300 gerainya memiliki jumlah karyawan sebanyak 3.000 karyawan.

Itulah ulasan IDXChannel mengenai siapa pemilik Kopi Kenangan yang rupanya merupakan pengusaha muda bertalenta James Prananto dan Edward Tirtanata. Dua rekan ini berhasil melakukan strategi branding yang baik hingga membuat Kopi Kenangan mampu bersaing dan sukses.

Original Source

Topik Menarik

{
{