Loading...
Loading…
Terungkap! Di Balik 1 Porsi Nasi Padang Dapat Menyumbang 664 Kalori

Terungkap! Di Balik 1 Porsi Nasi Padang Dapat Menyumbang 664 Kalori

Powered by BuddyKu
Travel | Okezone | Sabtu, 04 Juni 2022 - 08:49

NASI padang menjadi salah satu kuliner Nusantara yang banyak digemari. Bahkan, warga negara asing pun banyak yang jatuh hati dengan hidangan khas Sumatera Barat ini. Rasanya gurih, nikmat diaduk menjadi satu, membuat siapa saja yang mencobanya jadi ketagihan.

Kebanyakan nasi padang berbahan rempah-rempah yang kuat, santan, hingga lauk-pauk mengandung karbohidrat dan lemak tinggi. Lantas, berapa kalori yang dihasilkan pada satu porsi nasi padang?

Sebagaimana telah MNC Portal himpun, rata-rata total kalori nasi padang per satu porsi sajian adalah 664 kkal. Menurut American Heart Association, makanan disebut berkalori tinggi jika mengandung kalori sebesar 400 kkal ke atas.

Sementara Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan telah menentukan ambang batas harian asupan lemak sebesar 5 sendok makan atau atau setara 62,5 gram.

Itu berarti sebanyak 24 persen atau hampir seperempat batas konsumsi lemak harian ada di dalam satu porsi nasi padang. Lemak dan kalori dalam satu porsi makanan Padang umumnya berasal dari hasil olahan santan.

Kemudian penelitian lainnya dalam jurnal International Journal for Vitamin and Nutrition Research bahwa kandungan air dalam makanan yang digoreng akan menguap ketika terpapar suhu tinggi.

Baca Juga :
Ingin Diet Tanpa Nasi, Yuk Coba Ganti dengan Makanan Sehat Ini

Maka sebagai gantinya, makanan tersebut menyerap minyak goreng. Hal inilah yang membuat kalori makanan menjadi lebih tinggi ketika digoreng.

Perlu diketahui, kebutuhan kalori harian setiap orang berbeda-beda. Faktor yang membedakannya antara lain jenis kelamin, usia, tinggi badan, berat badan, dan tentunya intensitas aktivitas fisik harian.

Original Source

Topik Menarik

{