Loading...
Loading…
5 Negara Ini Miliki Jenis Pohon Terbanyak di Dunia, Indonesia Punya 5.623 Spesies!

5 Negara Ini Miliki Jenis Pohon Terbanyak di Dunia, Indonesia Punya 5.623 Spesies!

Powered by BuddyKu
Travel | Okezone | Sabtu, 04 Juni 2022 - 06:29

JAKARTA - Mengutip hasil studi bertajuk The number of tree species on Earth dari Prosiding National Academy of Science yang dipublikasikan secara daring, diketahui bahwa jumlah spesies pohon menurut estimasi para ilmuwan berjumlah 73.000 spesies.

Dari angka tersebut, 9.200 spesies pohon belum ditemukan sampai saat ini. Sementara itu, dari spesies pohon yang telah ditemukan, sekitar setengah hingga dua pertiganya terdapat di hutan lembap tropis dan subtropis. Berikut ini daftar negara dengan jenis spesies pohon terbanyak di dunia.

1. Brasil

Brasil menempati posisi pertama sebagai negara dengan spesies pohon terbanyak di dunia. Pada tahun 2020 lalu tercatat jumlah spesies pohon di negara Brasil mencapai 60.082 spesies. Brasil memiliki bagian paling luas dari Hutan Amazon, sehingga tidak heran jika total pohon di negara ini mencapai 9.223 spesies. Pohon kebanggaan Brasil adalah Araucaria angustifolia atau juga dikenal dengan nama pinus brasil atau pinus parana. Pinus ini menjadi kayu terpenting di Brasil sejak tahun 1500-an. Namun, banyaknya penghancuran yang terjadi terhadap pohon tersebut, membuat spesies pohon ini sangat terancam punah.

Baca Juga :
Terumbu Karang Rusak oleh Kapal Pinisi, Raja Ampat Berperan Vital di Episentrum Segitiga

2. Kolombia

Laporan The States of The Worlds Forest pada tahun 2020 menunjukan bahwa Kolombia memiliki 6.021 jenis pohon. Hal tersebut menjadikan Kolombia sebagai negara kedua yang memiliki spesies pohon terbanyak di dunia. Simbol nasional negara ini bahkan berupa pohon jenis La Palma de Cera atau Ceroxylon quindiuense. Pohon ini tampak seperti kelapa dan palem yang tingginya sekitar 70 meter dengan usia mencapai 100 tahun.

Original Source

Topik Menarik

{