Resep Sambal Oncom Kemangi, Pedasnya Manjain Lidah

Resep Sambal Oncom Kemangi, Pedasnya Manjain Lidah

Travel | BuddyKu | Kamis, 2 Juni 2022 - 17:29
share

JAKARTA, celebrities.id - Oncom merupakan salah satu kuliner khas Jawa Barat yang cukup populer di Indonesia. Terlebih jika diolah menjadi sambal yang super pedas dan nikmat.

Makanan hasil fermentasi dari bungkil kacang ini bentuknya menyerupai tempe. Dan menariknya oncom juga memiliki kadar protein yang tinggi, dan dapat digunakan sebagai sumber protein alternatif.

Nah, salah satu menu dari olahan oncom paling "OK" ialah sambal oncom kemangi, yang biasanya ditemukan direstuarant-restaurant mewah.

Tapi sambal oncom kemangi juga bisa dibuat sendir dirumah lho, dan dijamin dapat memanjakan lidah serta makan menjadi lahap.
Enggak percaya? yuk simak resep sambal oncom kemangi ala Fajar Alamsetiabudi.

Bahan:

Cara memasak:

1. Pangang oncom, bawang merah, cabai rawit merah dan cabai panjang merah. Masak semua bahan sampai kedua sisinya berubah warna kecokelatan.

2. Lalu untuk bahan sambal yang telah dipanggang masukan kedalam cobek tambahkan garam dan micin. Kemudian ulek sampai teksturnya berubah menjadi halus.

3. Selanjutnya potong dadu oncom yang telah di panggang dan masukan ke dalam bahan sambal. Aduk rata semua sampai sambal meresap ke dalam oncom.

4. Sajikan sambal oncom bersama daun kemangi sesuai selera dan nasi putih hangat.

Topik Menarik