5 Cara Budidaya Ikan Nila untuk Pemula, Bisa Pakai Kolam Terpal

5 Cara Budidaya Ikan Nila untuk Pemula, Bisa Pakai Kolam Terpal

Travel | BuddyKu | Rabu, 1 Juni 2022 - 13:24
share

JAKARTA, celebrities.id - Budidaya ikan nila merupakan salah satu ide bisnis yang menarik dan patut direalisasikan untuk pemula. Pasalnya, jenis ikan air tawar ini memiliki peminat pasar yang tinggi dan juga mudah dalam segi perawatan.

Meski terlihat mudah dalam perawatan namun kamu tidak boleh sembarangan mengelolanya. Sebab, ada beberapa tahapan cara yang baik dalam budidaya ikan nila untuk pemula. Kira-kira seperti apa caranya?

Berikut celebrities.id telah merangkum dari beberapa sumber, Rabu (1/6/2022) mengenai cara budidaya ikan nila untuk pemula.

Cara Budidaya Ikan Nila untuk Pemula

1. Siapkan Tempat dan Lokasi Budidaya

Sebelum memulai budidaya ada baiknya kamu cari tahu terlebih dahulu mengenai lokasi budidaya ikan Nila. Berikut tiga poin melihat lokasi tepat untuk budidaya ikan nila.

2. Siapkan Kolam yang Ingin Kamu Gunakan

Setelah mencari lokasi yang tepat untuk budidaya, selanjutnya kamu perlu menyiapkan kolam nila sesuai keinginan kamu. Dalam budidaya nila ada tiga jenis kolam, yaitu:

3. Pilih Bibit Ikan Sesuai Keinginan Pasar

Setelah menentukan jenis kolam yang diinginkan, maka cara ketiga yang perlu kamu lakukan dengan memilih bibit. Pastikan bibit yang kamu beli sesuai dengan respon dan keinginan pasar. Berikut beberapa bibit ikan nila.

4. Buat Anggaran untuk Pakan

Pakan ikan merupakan anggaran terbanyak yang kerap dirasakan bagi para pengusaha ikan nila pemula. Oleh karena itu, kamu perlu mempersiapkan dengan cara menghitungnya. Ikan nila pada dasarnya membutuhkan asupan 3 persen dari bobot badannya.
Berikut rumus cara menghitungnya

5. Perawatan Kolam

Cara budidaya ikan nila untuk pemula yang terakhir adalah menguras air dengan teratur. Jangan sampai air menjadi keruh dan timbul bau busuk. Kondisi seperti itu akan mempengaruhi kesehatan ikan nila karena membutuhkan oksigen yang cukup.

Topik Menarik