Cara Budidaya Ikan Lele di Ember untuk Pemula, Jadi Peluang Usaha yang Menjanjikan

Cara Budidaya Ikan Lele di Ember untuk Pemula, Jadi Peluang Usaha yang Menjanjikan

Travel | BuddyKu | Selasa, 31 Mei 2022 - 13:59
share

JAKARTA, celebrities.id - Cara budidaya ikan lele di ember ternyata bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Meski lahan terbatas, budidaya ikan lele di ember akan menguntungkan jika dilakukan dengan benar dan tepat.

Selain itu, ikan lele tergolong ikan yang paling kuat terhadap penyakit karena tubuhnya selalu dilindungi oleh lendir. Ikan lele juga bisa hidup dalam berbagai kondisi air, termasuk di air yang keruh sekalipun.

Pada ulasan berikut ini celebrities.id telah merangkum dari berbagai sumber, Selasa (31/5/2022) mengenai cara budidaya ikan lele di ember untuk pemula.

Cara Budidaya Ikan Lele di Ember

1. Siapkan peralatan dasar

Cara pertama yang perlu kamu lakukan dalam budidaya ikan lele di dalam ember yaitu dengan menyiapkan alat dan perlengkapan. Berikut beberapa peralatan pendukung budidaya di ember yang benar.

2. Buat tempat budidaya lele

Cara kedua yang dapat kamu praktikan selanjutnya yaitu membuat tempat budidaya lele. Simak caranya berikut ini.

Lubangi ember di bawah samping untuk tempat saluran pembuangan. Lalu pada saluran tersebut kamu bisa pasangkan keran air. Hal ini dilakukan agar mudah melakukan pembuangan dengan teratur.

Kedua, ember kamu isi dengan air namun jangan kepenuhan. Hal itu dilakukan supaya lele bisa mendapatkan udara yang lebih segar.

Ketiga, diamkan air yang sudah diisi selama 3 hari. Cara ini dilakukan supaya air tidak terlalu asam. Apabila air sudah terlanjur asam maka kamu tambahkan garam dapur sebanyak setengah sendok makan. Pastikan PH air netral.

Keempat, ketika sudah dipastikan PH aman maka kamu bisa memasukkan lele ke dalam ember yang telah kamu modifikasi. Menaruh benih lele tidak boleh terlalu banyak, sebagai catatan masukan maksimal 60 ekor ikan lele ke ember.

Kelima, untuk menjaga kualitas dari benih lele kamu bisa menambahkan filter yang biasa digunakan di akuarium. Hal itu dilakukan untuk menjaga sirkulasi oksigen dan air yang bagus.

Keenam, kamu bisa gunakan strimin sebagai penutup ember. Cara ini dilakukan supaya ikan lele tidak loncat dan mati kekurangan oksigen

Ketujuh, letakan ember ditempat yang teduh untuk mendapatkan sinar matahari yang cukup

3. Beri pakan dengan teratur

Cara ketiga yang dapat kamu lakukan untuk budidaya ikan lele di ember yaitu dengan memberi pakan yang teratur. Beri makan ikan lele sebanyak 3 kali sehari. Di mulai dari jam 7 pagi, jam 5 sore hingga jam 10 malam. Jika sampai tidak tepat waktu dalam memberi makan maka benih lainnya akan menjadi sasaran mengingat lele makhluk kanibalisme.

4. Selalu jaga kebersihan air

Cara keempat yang harus kamu patuhi yaitu dengan selalu menjaga kebersihan air. Hal itu disebabkan karena ikan lele tidak bisa hidup dengan air kotor dan tidak sedap. Oleh karena itu kamu perlu membersihkan ember selama seminggu sekali.

Topik Menarik