Pesawat Jet Taiwan Jatuh saat Latihan, Kecelakaan Fatal Ke-2 di Angkatan Udara Tahun Ini

Pesawat Jet Taiwan Jatuh saat Latihan, Kecelakaan Fatal Ke-2 di Angkatan Udara Tahun Ini

Travel | BuddyKu | Selasa, 31 Mei 2022 - 09:59
share

TAIPE, iNews.id - Sebuah pesawat jet pelatih Taiwan jatuh pada Selasa (31/5/2022) dalam penerbangan latihan. Ini merupakan kecelakaan fatal kedua di Angkatan Udara Taiwan sejak awal tahun.

Kementerian Pertahanan Taiwan melaporkan, sebuah jet pelatih itu jatuh dan menewaskan pilot. Jenazah pilot tersebut telah ditemukan.

Jet AT-3 jatuh selama misi pelatihan dari pangkalan udara Gangshan di kota selatan Kaohsiung.

AT-3 merupakan pesawat latih canggih yang dikembangkan di dalam negeri. Jet ini pertama kali terbang pada tahun 1980 dan dapat membawa senjata.

Presiden Tsai Ing-wen mengaku sangat sedih dan kehilangan atas insiden tersebut. Dia telah menginstruksikan Kementerian Pertahanan untuk menyelidiki apa yang terjadi.

Sebelumnya, pada bulan Maret, sebuah jet tempur Mirage 2000 jatuh ke laut di lepas pantai tenggara pulau itu. Beruntung pilot dapat diselamatkan.

Pada bulan Januari angkatan udara menangguhkan pelatihan tempur untuk armada F-16 setelah model jet tempur itu jatuh ke laut. Pilot ditemukan tewas dalam kecelakaan itu.

Sementara tahun lalu, dua pesawat tempur F-5E, yang pertama kali memasuki layanan di Taiwan pada 1970-an, jatuh ke laut. Keduanya tampaknya bertabrakan di udara selama misi pelatihan.

Pada akhir 2020, sebuah F-16 menghilang tak lama setelah lepas landas dari pangkalan udara Hualien di pantai timur Taiwan dalam misi pelatihan rutin.

Topik Menarik