Menikmati Kopi yang Disuguhkan dari Tenaga Matahari

Menikmati Kopi yang Disuguhkan dari Tenaga Matahari

Travel | BuddyKu | Senin, 30 Mei 2022 - 22:37
share

JAKARTA, iNews.id - Minum kopi merupakan salah satu kegiatan yang paling populer di kalangan masyarakat. Apalagi, banyak gerai kopi kekinian yang menawarkan kenikmatan berbeda.

Salah satu yang populer belakangan ini adalah Kopi Kenangan yang selalu memiliki hal baru untuk diketahui penikmat kopi. Ya, Anda dapat mencicipi Kopi Kenangan yang disuguhkan dari tenaga matahari.

Menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada 5 Juni mendatang, Kopi Kenangan bekerja sama dengan Grab dan juga SUNterra membangun gerai solar panel pertama. Gerai kopi ini menghadirkan setiap gelas kopi yang dibuat dari sumber listrik bertenaga surya. Gerai kopi tersebut berlokasi di Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Edward Tirtanata, CEO dan CO-Founder Kopi Kenangan mengatakan, gerai kolaborasi tiga perusahaan ini diharapkan dapat menjadi gerakan transisi menuju green energy dengan proses produksi yang lebih ramah lingkungan.

Menurutnya, gerai yang telah beroperasi pada 21 April 2022 ini menggunakan 18 modul solar panel dengan berat mencapai 540 kg dan dapat mengubah tenaga matahari menjadi arus listrik yang digunakan mesin kopi. Dengan demikian, setiap gelas yang disuguhkan kepada pelanggan dihasilkan oleh energi terbarukan yang ramah lingkungan.

Hadirnya gerai terbaru Kopi Kenangan RC Veteran adalah bentuk kolaborasi kami untuk mendukung proses industri di Indonesia yang lebih ramah lingkungan. Diharapkan inovasi ini dapat memotivasi kami dan juga pelaku industri lain untuk berkontribusi memaksimalkan pemanfaatan energi alternatif, salah satunya energi matahari, untuk Indonesia yang lebih ramah lingkungan, ujar Edward melalui keterangannya belum lama ini.

Fanda Soesilo, Chief Executive Officer SUNterra mengatakan, dia mendukung dan mengapresiasi setiap langkah yang dilakukan oleh para pelaku usaha untuk beralih ke energi bersih dan terbarukan.

Penggunaan energi matahari sebagai sumber energi listrik dalam proses produksi merupakan bentuk kontribusi nyata yang menjadi salah satu solusi pengurangan dampak perubahan iklim, ujarnya.

Dia berharap, instalasi solar panel di gerai Kopi Kenangan RC Veteran dapat menjadi inspirasi bagi perusahaan lain untuk segera beralih memanfaatkan energi bersih yang berkelanjutan.

Selain memanfaatkan tenaga matahari untuk setiap gelas kopi yang disuguhkan, gerai yang beralamat lengkap di Jalan RC. Veteran Raya No. 24, RT 1/RW 1, Bintaro, Kecamatan Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan ini juga merupakan gerai drive through pertama Kopi Kenangan di Jabodetabek sekaligus mengusung konsep stand alone building untuk memudahkan konsumen dalam mendapatkan setiap gelas Kopi Kenangan.

Topik Menarik