Imbas Penumpukan Penumpang, KAI Tambah Peron di Stasiun Manggarai

Imbas Penumpukan Penumpang, KAI Tambah Peron di Stasiun Manggarai

Travel | BuddyKu | Senin, 30 Mei 2022 - 09:55
share

IDXChannel - KAI Commuter melakukan perubahan rute atau switch over di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan sejak Sabtu (28/5) sehingga hal tersebut membuat kepadatan di Stasiun Manggarai saat jam sibuk.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan pihaknya mengaktifkan peron 9 yang tadinya digunakan kereta bandara untuk transit penumpang dari arah Cikarang-Bekasi. Sedangkan peron 6-7 untuk transit ke arah Stasiun Tanah Abang, Duri, hingga Kampung Bandan.

"Jadi setelah adanya switch over Manggarai yang ke 5 kita melihat bahwa dari hari pertama kita evaluasi, di hari kedua membaik dan kekhawatiran kita bersama perjalanan KRL di hari pertama kerja setelah switch over ini alhamdulillah puji tuhan bisa berjalan dengan sangat baik," kata Anne kepada wartawan di Stasiun Manggarai, Senin (30/5/2022).

"Antisipasi yang kami lakukan adalah yang pertama dengan mengaktifkan peron 9 yang awalnya ini hanya digunakan kereta bandara, tetapi kami memaksimalkan peron ini di jam-jam diluar jadwal kereta bandara sehingga kepadatan di peron 6-7 yang awalnya tempat transit tujuan Bekasi, Cikarang, Tanah Abang, Angke, Duri ini bisa kita pisah, sehingga di peron 9 khusus tujuan Cikarang dan Bekasi dan 6-7 digunakan untuk transit Duri, Tanah Abang, Sudirman dan Kampung Bandan dan ini sangat berpengaruh didalam menyebar kepadatan di area transit," tambahnya.

Anne juga menyebut pihaknya menyiapkan 6 fider tambahan guna mengurai kepadatan pengguna KRL Jabodetabek.

"Kedua pagi ini kita menyiapkan 6 fider yang kami jalankan mulai pukul 6.30, 7.30 dan kami siapkan ini sekarang ada di 8.00, pukul 18.15 dan kami akan sesuaikan lagi kepadatan Stasiun ini sehingga kereta luar biasa ini bisa membantu untuk mengangkut penumpang yang transit sehingga lebih cepat terurai kepadatannya," ucapnya.

Anne mengklaim langkah tersebut efektif mengurai pengguna transit di Stasiun Manggarai. "Ini sangat efektif sekali dan kami memberikan apresiasi yang sangat luar biasa kepada jasa commuter line yang mau mendengarkan arahan-arahan kami," tuturnya.

( SAN )

Topik Menarik