2 Tahun Vakum, Kirab Budaya Kembali Digelar di Borobudur

2 Tahun Vakum, Kirab Budaya Kembali Digelar di Borobudur

Travel | BuddyKu | Senin, 30 Mei 2022 - 00:15
share

MASYARAKAT Desa Wanurejo, Borobudur , Kabuapten Magelang, Jawa Tengah kembali menggelar kirab budaya setelah dua tahun tidak diselenggarakan karena dampak pandemi COVID-19.

Ketua Panitia Gelar Budaya Wanurejo 2022, Bendrat Agus Sulistya mengatakan bahwa gelar budaya Wanurejo kembali digelar seiring membaiknya pandemi COVID-19.

"Pemerintah telah memberi kelonggaran dengan membuka mudik Lebaran tahun ini dan hal ini menjadi pedoman kami untuk menyelenggarakan gelar budaya ini," katanya di Magelang, Minggu.

Gelar budaya berupa kirab kesenian dari Terminal Borobudur menuju Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Wanurejo ini menjadi tontonan menarik bagi ribuan warga di sepanjang rute yang dilalui pawai kesenian ini.

Bendrat menyampaikan untuk menyelenggarakan gelar budaya ini warga di masing-masing dusun mengadakan iuran dan alhamdulillah karena kegiatan ini sudah lama tidak digelar maka semangat masyarakat besar sekali.

Ia menuturkan sembilan dusun yang ada di Desa Wanurejo mengikuti kirab budaya ini dan masing-masing membuat patung besar tokoh wayang, seperti Semar, Gatutkaca, Anoman, Puntodewo dan Jatayu.

"Harapan kami setelah dua tahun kemarin menangis atau terpuruk, mari bersama-sama bangkit untuk menyambut wisatawan ke Borobudur," katanya.

Kepala Desa Wanurejo Edi Suryantono mengatakan gelar budaya di Desa Wanurejo ini untuk memperingati hari lahir Desa Wanurejo yang selama pandemi ini tidak dilaksanakan.

"Selama pandemi baru kali ini kami laksanakan gelar budaya Desa Wanurejo dengan icon wayang," katanya.

Topik Menarik