Geliat Pementasan Kesenian Tradisional di Brebes dan Mengenal Seni Tari Burok

Geliat Pementasan Kesenian Tradisional di Brebes dan Mengenal Seni Tari Burok

Travel | BuddyKu | Rabu, 25 Mei 2022 - 15:21
share

KESENIAN tradisional di Brebes , Jawa Tengah, mulai bangkit setelah dua tahun nyaris punah akibat pandemi Covid-19. Kebangkitan itu ditandai dengan gelaran pertunjukan akbar di pelataran TPI Desa Prapag Kidul, Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes.

Para pelaku seni menampilkan seni tari burok, tari topeng, kuda lumping, tari laskar dan barongsai berasal dari Losari. Hal itu tak lepas kebijakan pelonggaran pembatasan kegiatan seiring melandainya kasus Covid-19. Selain pementasan seni tradisional, juga digelar dialog Laras Budaya.

Anggota Komisi E DPRD Jateng dr Messy Widiastuti MARS mengatakan, DPRD Jateng sangat peduli terhadap kesenian tradisional daerah.

Kami terus turun ke lapangan dengan melakukan kunjungan ke daerah pemilihan (Kudapil), sebagai upaya untuk mendorong kegiatan para seniman terus berkreasi, sekaligus melestarikan kesenian tradisisional sebagai warisan leluhur, kata Messy.

infografis

Menurutnya, seni tari tradisional daerah, seperti tari burok yang berasal dari Kabupaten Brebes harus dilestarikan karena seni tari ini nyaris punah, akibat derasnya kesenian modernisasi yang merebak di kalangan anak muda.

Cukup memprihatin, lanjutnya, dengan kondisi berkebudayaan dan berkesenian yang kian digempur modernisasi itu, sehingga DPRD Jateng berupaya ikut mendorong para seniman bisa tetap mempertahankan, sekaligus untuk melestarikan seni tari tradisional daerah.

Selain itu, tutur dr Messy, DPRD Jateng juga berupaya untuk ikut melestarikan dengan mengajak semua pihak, terutama kalangan generasi muda untuk terus nguri-uri kesenian tradisional dan menjaga kelestarian budaya daerah.

Sementara itu, Kabid Dinbudpar Brebes Wijanarto menyebutkan ada sekitar 400-an kelompok seni burok di Kabupaten Brebes. Kesenian burok adalah akulturasi kebudayaan antara Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Di Brebes sepanjang pantura itu ada sekitar 400-an kelompok Burok. Seni tari Burok memang seni tradisi masyarakat pesisiran utara yang merupakan akulturasi kebudayaan Jawa Tengah dan Jawa Barat, kata Winarto.

Topik Menarik