Mengapa Bayi Tidak Boleh Minum Susu Sapi?

Mengapa Bayi Tidak Boleh Minum Susu Sapi?

Travel | BuddyKu | Selasa, 24 Mei 2022 - 19:51
share

JAKARTA-Bayi di bawah 12 bulan harus minum ASI atau susu formula dan bukan susu sapi. Lantas, apakah susu sapi berbahaya bagi si kecil?

Susu manusia diproduksi khusus untuk bayi manusia, sedangkan susu sapi benar-benar untuk anak sapi, kata Dr. Jae Kim, Direktur Divisi Neonatologi di Rumah Sakit Anak Cincinnati, kepada Live Science Selasa 24 Mei 2022.

Dengan demikian, susu sapi mengandung protein yang sulit dicerna bayi, serta kekurangan vitamin dan mineral penting, seperti zat besi, yang dibutuhkan bayi untuk berkembang.

Meskipun susu formula bayi terbuat dari susu sapi, produsen menghilangkan protein dan mengubahnya sebelum menambahkannya kembali ke formula, bersama dengan bahan penting lainnya. Susu formula bayi terakhir sangat berbeda dari susu yang Anda dapatkan, kata Kim.

Kim menambahkan usus, ginjal, dan sistem kekebalan bayi perlu waktu untuk matang sebelum mereka dapat dengan aman mentolerir jenis dan jumlah protein baru yang ditemukan dalam susu sapi.

Menurut American Academy of Pediatrics (AAP) konsentrasi tinggi protein dan mineral yang ditemukan dalam susu sapi dapat membuat ginjal bayi yang baru lahir stres dan menyebabkan penyakit parah pada saat panas, demam atau diare. Kami sangat menganjurkan untuk menghindari susu sapi untuk tahun pertama kehidupan, kata Kim.

Menurutnya, meski sebagian besar bayi di atas 6 bulan akan baik-baik saja minum susu sapi, protein asing dapat menyebabkan peradangan melalui respons alergi pada beberapa bayi.

Respons alergi itu dapat menyebabkan peradangan pada usus bayi atau pendarahan mikroskopis di lapisan usus mereka. Dan kekurangan zat besi dalam susu sapi dapat menyebabkan anemia. Secara keseluruhan, itu dapat menyebabkan bayi menjadi tidak sehat atau tidak berkembang, katanya.

Risiko ini lebih rendah pada bayi yang lebih tua yang, mulai sekitar 4 hingga 5 bulan dan makan lebih dari sekadar susu formula. Karena susu bukan satu-satunya sumber nutrisi mereka, mereka lebih mungkin mendapatkan nutrisi yang cukup di tempat lain. Plus, bayi yang lebih tua memiliki usus, ginjal, dan sistem kekebalan yang lebih matang untuk menoleransi protein baru.

Tetapi karena bayi baru lahir dan bayi muda hanya mengonsumsi susu, lebih penting bagi mereka untuk menerima formulasi yang sangat pas seperti ASI atau susu formula.

Namun susu sapi untuk bayi di bawah usia 1 tahun tidak ideal dan tidak boleh menjadi rutinitas.

Topik Menarik