Lezatnya Seupan Talas, Kuliner Khas Bogor yang Punya Banyak Manfaat Kesehatan

Lezatnya Seupan Talas, Kuliner Khas Bogor yang Punya Banyak Manfaat Kesehatan

Travel | BuddyKu | Senin, 23 Mei 2022 - 17:35
share

Talas memiliki banyak manfaat bagi kesehatan seperti menjaga kadar gula darah, mencegah penyakit jantung, dankanker. Nah, KotaBogor, Jawa Barat, ternyata terkenal dengan talasnyayanglegit.

Lokasi yang tepat untuk berburu kulier terbuat talas adalah Jalan Surya Kencana. Di sini ada penjual kukus atau yaituseupantaleusdandodongkal yang enak banget. Adalah Mang Aep penjualseupantalasdandodongkalyangsetiap harilarismanisberjualandi kawasan ini.

talas
Seupan talas. (Vivi Sanusi/IDZ Creators)

Seupantalas merupakan talasyangdipotong-potong lalu dikukusdandiberi parutan gula merahdankelapa. Uniknya, Mang Aep mengukus talasnya menggunakan tempatyangterbuat dari bambudandiberi daun pisang.

Sedangkan dodongkalterbuat dari tepung berasyangdiisi gula arendanditaburi parutan kelapa lalu dikukus dengan kukusan bambu berbentuk kerucut.

talas
Seupan talas. dan dodongkal (Vivi Sanusi/IDZ Creators)

Hampir 20 tahun Mang Aep berjualan dengan gerobaknya ini di dekat Gang Aut kawasan kuliner Surya Kencana. Sementaradodongkaldi sini dicampur denganseupantalas, tapi bisa juga dibeli terpisah.

Dodongkalmirip rasanya dengan kue putu tapi teksturnya lebih kenyal. Biasanya dimakan bersamaan denganseupantalas rasanya lembut, gurihmanis,danhangat di mulut cocok dinikmati sebagai teman minum kopi atau teh di kala musim penghujan.

talas
Seupan talas. (Vivi Sanusi/IDZ Creators)

Mang Aep sendiri berjualan dari pukul 08.00-16.30 WIB. Hargadodongkaldanseupantalas masing-masing Rp10 ribu per porsi. Dalam sehari ia bisa menghabiskan 8-10 kerucutdodongkaldansekitar 10 kg talas.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Lets join IDZ Creators dengan klik di sini .

IDZ Creators
IDZ Creators
Topik Menarik