Loading...
Loading…
Alasan Kenapa Banyak Orang Vietnam Bernama 'Nguyen'

Alasan Kenapa Banyak Orang Vietnam Bernama 'Nguyen'

Powered by BuddyKu
Travel | Indozone | Minggu, 22 Mei 2022 - 14:10

Nguyen adalah nama yang paling umum yang bisa kita jumpai saat ke Vietnam . Mulai dari masyarakat bahkanpresiden Vietnam saat ini pun bernama Nguyen Xuan Phuc.

Saking banyaknya yang bernama Nguyen di Vietnam, 7 dari 20 pemain timnas sepak bola Vietnam di kejuaraan olahraga Sea Games 2021 memiliki nama Nguyen.

Dikutip dari Local Insider , lebih dari 40 persen penduduk Vietnam memiliki Nguyen sebagai nama keluarga atau nama belakang mereka.

Menurut International Business Times, ada sekitar 38 juta orang di dunia yang menggunakan nama Nguyen sebagai nama belakang mereka. Asal-usul nama Nguyen

Selama tahun 420 hingga 528 masehi, pemerintahan Tiongkok berada pada puncak kekacauan. Kemudian, untuk beryahan hidup sebagian besar keluarga Nguyen dari Anhui , Guangzhou dan Zhejiang pindah ke Selatan dan bermigrasi ke Vietnam.

Komunitas mereka lalu mulai mengadopsi budaya Vietnam dan menjadi dasar utama tumbuhnya nama belakang Nguyen.

Hingga akhir abad pertama, gelombang imigrasi keluarga Nguyen dari Tiongkok masih kuat dan terus bertambah.

Namun, tonggak terbesar dalam perkembangan nama keluarga Nguyen terjadi pada masa pemerintahan Tran.

Baca Juga :
Kalahkan Vietnam, Thailand Tantang Indonesia di Final AFF Futsal Championship 2022

Setelah mengambil alih negara dari Dinasti Ly, Tran Thu Do membuat keputusan yang sangat mempengaruhi komunitas orang-orang yang memiliki nama Ly.

Tran meminta semua anggota keluarga kerajaan Ly yang hidup tersembunyi mengubah nama belakang mereka menjadi Nguyen.

Dengan penghapusan nama tersebut, tidak akan ada yang tahu tentang keberadaannya. Kala itu, Tran memerintahkan agar semua yang memiliki nama belakang Ly mengubah namanya menjadi Nguyen.

Peristiwa pergantian nama blakang ini sendiri sebenarnya sudah ada sejak zaman dahulu. Hanya saja aturan tersebut tidak tertulis.

Pada tahun-tahun awal abad ke-19, pemerintah Nguyen menguasai negara, orang-orang dari pemerintahan Trinh (keluarga kerajaan sebelumnya) juga mengubah nama belakang mereka menjadi Nguyen untuk menghindari terbunuh.

Banyak peristiwa sejarah yang mengarah pada pembentukan Nguyen, keluarga kerajaan terakhir dalam sejarah Vietnam, jumlah keluarga Nguyen di seluruh dunia menjadi lebih besar dari sebelumnya. Artikel Menarik Lainnya:

Original Source

Topik Menarik