Loading...
Loading…
Taiwan Ketar-ketir! Kapal Perang Perusak Terbesar Tiongkok Memimpin Latihan Tempur di Laut Kuning

Taiwan Ketar-ketir! Kapal Perang Perusak Terbesar Tiongkok Memimpin Latihan Tempur di Laut Kuning

Travel | koran-jakarta.com | Sabtu, 21 Mei 2022 - 15:44

Kapal kelas perusak terbesar milik Angkatan Laut Tiongkok memimpin tiga korvet atau kapal perang kecil dalam latihan bersama di Laut Kuning, sebuah laut tepi di Samudra Pasifik bagian barat yang secara geografis terletak di antara Tiongkok dan semenanjung Korea. Latihan yang disebut sebagai "high-low mix" tersebut dilihat para ahli sebagai langkah untuk mensimulasikan konfrontasi militer dengan rekan-rekan regional yang lebih lemah.

Lhasa, sebuah kapal kelas perusak rudal siluman Tipe 055 milik Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) dilaporkan melakukan serangkaian latihan bersama tiga kapal perang kecil Tipe 056A di Laut Kung, seperti yang dimuat South China Morning Post (SCMP).

Lhasa Tipe 055 yang merupakan kapal perang terbesar dan tercanggih dari jenisnya telah dinyatakan siap tempur pada Januari lalu. Kapal perusak seberat 12.000 ton itu bahkan dianggap sebagai kapal perusak paling kuat kedua di dunia setelah USS Zumwalt (DDG-1000) milik Angkatan Laut Amerika Serikat (AS).

Sementara kapal perang kecil Tipe 056A adalah varian dari Tipe 056. Seberat 1.440 ton, korvet tersebut digadang-gadang mampu melakukan peperangan anti-kapal selam. Ketiganya dikabarkan melakukan latihan pertahanan udara yang mencakup latihan anti-kapal dan anti-kapal selam selama tiga hari lamanya.

Baca Juga :
Gawat kalau Sampai Terjadi! Tiongkok Gelar Latihan Tempur Laut, Pertanda Invasi Taiwan?

Tak hanya itu, beberapa jenis kapal perang permukaan, kapal selam, pesawat peringatan dini dan helikopter juga diikutsertakan demi memberi gambaran nyata atas kondisi pertempuran. SCMP menyebut, latihan tersebut bertujuan untuk menguji kemampuan operasi gabungan antara berbagai jenis kapal perang di bawah lingkungan elektromagnetik yang kompleks.

"Latihan bersama antara Tipe 055 dan Tipe 056A bisa sangat rumit dan menantang karena keterlibatan banyak teknologi dan taktik baru dalam pertempuran laut modern," Zhou Chenming, seorang peneliti dari lembaga pemikir sains dan teknologi militer Yuan Wang, menjelaskan, seperti dikutip SCMP.

Sejauh ini, Tiongkok telah meluncurkan delapan kapal perusak Tipe 055 dalam kurun waktu 2017 dan 2020. Tak hanya itu, lebih dari 70 kapal perang Tipe 056 dan 056A juga dirilis Tiongkok dalam dekade terakhir. SCMP menuturkan, Tipe 055 pertama kali bergabung dalam misi pada tahun lalu. Sementara korvet anti-kapal selam pertama ditugaskan pada 2014 silam. Kedua jenis kapal diketahui memiliki desain canggih dan dilengkapi serangkaian teknologi mutakhir, seperti sistem peperangan elektronik.

Baca Juga :
Kapal Cepat Tuo Chiang Usung Senjata Rudal Kebanggaan Taiwan

Original Source

Topik Menarik