Kelezatan Sampadeh Itiak Lado Hijau, Kaya akan Bumbu yang Menggoda Selera

Kelezatan Sampadeh Itiak Lado Hijau, Kaya akan Bumbu yang Menggoda Selera

Travel | BuddyKu | Sabtu, 21 Mei 2022 - 10:17
share

SUMATERA, celebrities.id Berkunjung ke Sumatera Barat selain dimanjakan dengan keindahan alam, juga dimanjakan dengan aneka kuliner yang sudah terkenal lezat.

Salah satunya adalah sampadeh itiak lado hijau yang menjadi salah satu kuliner khas Payakumbuh, Sumatera Barat. Makanan ini tak kalah lezat dan tentunya menggoda selera untuk dicicipi.

Sampadeh itiak lado hijau merupakan kuliner yang berbahan dasar itiak atau bebek muda yang di masak dengan aneka bumbu dan diolah secara tradisional. Itik atau bebek yang masih muda di pilih karena memiliki daging yang empuk.

Dilansir dari beberapa sumber pada Sabtu (21/5/2022), berikut cara mengolah sampadeh itiak lado hijau.

1.Itik yang sudah dibersihkan sebelum diolah harus dibakar dengan arang tempurung untuk menghilangkan amis dan mengurangi minyak pada daging itik.

2.Setelah itu daging dipotong-potong.

3.Kemudian cabe hija, bawang merah dan bawang putih digiling hingga halus. Lalu semua bumbu yang dihaluskan di tumis terlebih dahulu bersama serai, lengkuas dan jahe.

4.Setelah mengeluarkan aroma harum khas rempah-rempah baru dimasukan daging itik yang telah dipotong-potong tadi dan nangka muda.

5.Setelah mendidih dan daging itik sudah empuk, maka sampadeh itiak lado hijau siap dihidangkan.

Untuk menikmati sampadeh itiak lado hijau ini biasanya bersama dengan lalapan putik buah ambacang yang rasanya agak sedikit asam. Perpaduan rasa gurih, pedas dan asamnya putik buah ambacang tersebut dipercya akan membangkitkan selera bagi penikmatnya.

Topik Menarik