Profil Jonathan Khemdee, Pemain Abroad Thailand yang Jadi Provokator Kartu Merah Indonesia U-23

Profil Jonathan Khemdee, Pemain Abroad Thailand yang Jadi Provokator Kartu Merah Indonesia U-23

Travel | BuddyKu | Jum'at, 20 Mei 2022 - 12:37
share

NAM DINH Tidak hanya Indonesia U-23, Thailand U-23 juga diperkuat oleh pemain abroad, salah satunya adalah Jonathan Khemdee. Dia menjadi viral di kalangan publik Tanah Air karena dianggap sebagai provokator kartu merah Skuad Garuda Muda.

Momen itu terjadi di laga panas antara Indonesia U-23 vs Thailand U-23 di semifinal SEA Games 2021. Duel tim raksasa ASEAN itu digelar di Stadion Thien Truong, Vietnam, Kamis (19/5/2022) sore WIB.

Laga tersebut berjalan panas. Kedua tim bertekad lolos ke babak final. Aksi jual beli serangan pun terjadi. Sayang, tidak ada gol tercipta hingga akhir waktu normal.

Pada babak perpanjangan waktu, Thailand U-23 sukses menjebol gawang Indonesia U-23 lewat tendangan dari Weerathep Pomphun. Skor 1-0 pun bertahan hingga laga usai.

Menariknya, empat kartu merah dikeluarkan wasit di laga ini. Adapun tiga di antaranya diterima oleh skuad Garuda Muda. Firza Andika, Rachmat Irianto, dan Ricky Kambuaya diusir wasit karena melakukan aksi tidak terpuji.

Jonathan Khemdee punya andil besar pada gagalnya Indonesia U-23 di laga kali ini. Bek tengah Thailand itu gemar memprovokasi lawan, sehingga membuat pemain Indonesia U-23 terpancing emosi.

Keributan mewarnai laga Timnas Indonesia U-23 vs Thailand di semifinal SEA Games 2021 (Foto: REUTERS)
Keributan mewarnai laga Timnas Indonesia U-23 vs Thailand di semifinal SEA Games 2021 (Foto: REUTERS)

Kartu merah itu juga lahir dari upayanya bereaksi berlebihan terhadap pelanggaran yang dilakukan Skuad Garuda Muda. Namun demikian, kita harus akui performa Jonathan Khemdee cukup bagus pada laga tersebut.

Usut punya usut, dia merupakan salah satu pemain abroad milik Thailand U-23. Pria berusia 20 tahun itu tengah memperkuat klub Liga Denmark, Odense BK.

Khemdee lahir di Surin, Thailand, pada 9 Mei 2002. Akan tetapi, dia tumbuh besar di Denmark. Dia pun menjalani kiprah sepak bolanya di sana. Di level junior, Khemdee menimba ilmu di klub Svendborg fB dan Sakrup IF.

Pria berpostur 190 cm itu kini tengah memperkuat tim kelompok umur dari klub tersebut. Dia terhitung cukup sering dimainkan di sana. Khemdee mencatatkan 11 penampilan bersama Odense BK U-19 musim ini.

Sebagai informasi, Odense BK adalah salah satu klub besar di Denmark. Klub tersebut kerap menghasilkan pemain kelas dunia, misalnya saja Christian Eriksen. Khemdee pun diharapkan dapat memiliki karier gemilang di Eropa serta menjadi andalan Thailand di masa mendatang.

Topik Menarik