Loading...
Loading…
Ada di Gang Sempit, Ayam Panggang Langganan SBY Ini Sehari Habiskan 1.500 Ekor

Ada di Gang Sempit, Ayam Panggang Langganan SBY Ini Sehari Habiskan 1.500 Ekor

Travel | indozone.id | Rabu, 18 Mei 2022 - 19:32

Berkunjung ke Magetan, Jawa Timur, enggak lengkap rasanya jika tidak mencicipi kulinerayampanggang Gandu. Berada di perbatasan Kabupaten Magetan-Ngawi tepatnya di Dusun Gandu, Karangrejo.

WarungAyamPanggang Gandu Bu Setu selalu ramai. Padahal, lokasinya di gang sempit. Hanya bisa dilewati satu mobil. Namun jangan salah, parkiran warungAyamPanggang Gandu Bu Setu dipenuhi mobil-mobil. AyamPanggang Gandu Bu Setu langganan keluarga SBY. (Pramita Kusumaningrum/IDZ Creators)

Jangan bayangkan, WarungAyamPanggang Gandu Bu Setu seperti warung besar pada umumnya. Justru pembeli dibawa seperti makan di rumah sendiri. Bagaimana tidak, pembeli makan beralaskan tikar. Kemudian di dalam rumah, dengan ada seperangkat perabotan rumah. AyamPanggang Gandu Bu Setu langganan keluarga SBY. (Pramita Kusumaningrum/IDZ Creators)

Namun ada yang membedakan WarungAyamPanggang Gandu Bu Setu dengan warung yang lain yakni ada foto Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bersama istrinya, Ani Yudhoyono. Mereka terlihat menyantapAyamPanggang Gandu Bu Setu.

"Memang langganan sih. Dari jadi presiden sampai sudah tidak. Mas Ibas juga ke sini bersama Mas Emil (Wagub Jatim)," ujar Nem, putri tertua dari Bu Setu. AyamPanggang Gandu Bu Setu langganan keluarga SBY. (Pramita Kusumaningrum/IDZ Creators)

Baca Juga :
Warung Ayam Mbak Sri Ono, Lezatnya Bikin Ketagihan

Lebaran kali ini sangat bersyukur karena pemerintah sedikit melonggarkan aturan. Sehingga banyak pelanggannya bisa balik kampung dan menikmati ayam ini. Bahkan saat Lebaran 1.500 ekor ayam dipotong setiap hari. Jika haribiasa 300 ekor sehari. Sementara akhir pekan bisa sampai 1.000 ekor. AyamPanggang Gandu Bu Setu langganan keluarga SBY. (Pramita Kusumaningrum/IDZ Creators)

Saking ramainya tempat makan ini sampai memiliki 30 karyawan. Ayam Panggang Gandu Bu Setu selalu nikmat lantaran cara masaknya yang unik. Jadi setelah dibakar setengah matang,ayamkemudian disimpan. Kalau hendak disajikan,ayamitu dibakar lagi. Membakarnya di tungku tanah dengan kayu bakar, bukan arang. AyamPanggang Gandu Bu Setu langganan keluarga SBY. (Pramita Kusumaningrum/IDZ Creators)

Ada dua pilihan untuk pengunjung, yaituayambakar bumbu rujak dan bumbu gurih. Kalau suka yang pedas, pilihannya ya bumbu rujak.Tetapi untuk pengunjung yang memilih bumbu gurih, penyajiannya tetap disertai sambal terasi.

Baca Juga :
Kuliner Ayam Buka Malam di Malang, Harga Bersahabat

Pelengkap lainnya adalah lalapan, urap-urap, sayur lodeh, dan sayur mentek, yaitu masakan khas desa dengan isi kedelai dan kelapa. Sedangkan nasinya disajikan dalam bakul model kuno.

Rasaayampanggangnya sendiri pasti melekat di lidah. Bagaimana tertarik untuk mencoba?

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Lets join IDZ Creators dengan klik di sini. IDZ Creators

Original Source

Topik Menarik