Loading...
Loading…
Ratusan Orang Rela Antre Berjam-jam Demi Kopi Sangrai Turki, Apa Istimewanya?

Ratusan Orang Rela Antre Berjam-jam Demi Kopi Sangrai Turki, Apa Istimewanya?

Travel | indozone.id | Rabu, 18 Mei 2022 - 08:30

Eminonu, Istanbul merupakan salah satu destinasi wisata belanja populer. Setiap hari, jutaan warga dan wisatawan mancanegara, memadati kawasan ini. Kalau kalian datang saat weekend atau hari libur di Turki, siap-siap berdesakan di sini.

Salah satu yang wajib dikunjungi saat berada di Eminonu adalah kedai Kurukahveci Mehmet Efendi. Letaknya di gang sempit, diapit ratusan toko. Kedai berusia 151 tahun ini menjual kopi sangrai bubuk khas Turki. Kalau ke sini, siapkan kesabaran dan waktu ekstra, karena antrean mengular sejak pagi.

kedai kopi turki
Antrean di depan kedai kopi legendaris (Elisa Oktaviana/IDZ Creators)

Kurukahveci Mehmet Efendi menggunakan biji kopi arabika. Setiap hari, ribuan bungkus kopi berbagai ukuran terjual. Harganya sekitar Rp14 ribu, untuk 100 gram kopi bubuk.

Meski produk Kurukahveci Mehmet Efendi bisa ditemukan di supermarket dan minimarket seluruh Turki, para penikmat kopi dan pelancong dunia lebih memilih datang langsung ke sini. Mereka menikmati aroma biji kopi yang baru dipanggang.

kedai kopi turki
Kedai dipadati warga dan wisatawan mancanegara (Elisa Oktaviana/IDZ Creators)

Pada abad ke-19, di Turki biji kopi umumnya dijual mentah, kemudian dipanggang di rumah dan digiling menggunakan alat tumbuk manual. Tahun 1871, Mehmet Efendi mengambil alih bisnis kopi milik keluarga.

Ia mulai memanggang biji kopi mentah, menggilingnya dan menjual kopi yang sudah disangrai dan ditumbuk. Berkat inovasi kopi siap rebus ini, Mehmet Efendi jadi terkenal.

kedai kopi turki
Kedai pertama yang menjual kopi sangrai bubuk di Turki (Elisa Oktaviana/IDZ Creators)

Setelah Mehmet Efendi meninggal tahun 1931, bisnis keluarga diwariskan kepada ketiga putranya, Hasan Selahattin, Hulusi dan Ahmet Riza. Merk dagang Kurukahveci baru digunakan tahun 1934. Keluarga ini kemudian mulai memproduksi kopi secara massal dan merambah pasar internasional.

Saat ini Kopi Kurukahveci Mehmet Efendi sudah diekspor ke lebih dari 55 negara di Eropa, Amerika, Asia, Australia dan Afrika dalam kemasan modern.

kopi mehmet efendi
Kopi Mehmet Efendi dieskpor ke 55 negara (Elisa Oktaviana/IDZ Creators)

Peran Kurukahveci Mehmet Efendi dalam mempromosikan kopi Turki di berbagai belahan dunia, sangat besar. Kopi Turki merupakan metode penyeduhan kopi tertua di dunia. Teknik ini ditemukan oleh orang Turki.

kopi sangrai turki
Kopi sangrai bubuk khas Turki (Elisa Oktaviana/IDZ Creators)

Caranya, kopi bubuk dicampur air dan gula pasir sesuai selera. Kemudian dimasak dalam cezve atau teko kopi khas Turki. Kopi dididihkan dengan api kecil sampai berbusa dan disajikan dalam cangkir mini.

Metode ini menghasilkan rasa, aroma dan tingkat kekentalan kopi yang sempurna.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Lets join IDZ Creators dengan klik di sini.

IDZ Creators
IDZ Creators
Original Source

Topik Menarik