Asyik, Pantai Wediombo Gunungkidul Kini Dipasang Jaringan Internet

Asyik, Pantai Wediombo Gunungkidul Kini Dipasang Jaringan Internet

Travel | BuddyKu | Rabu, 18 Mei 2022 - 07:56
share

GUNUNGKIDUL, iNews.id - Pantai Wediombo di Gunungkidul kini dipasang kjaringan internet. Pemasangan jaringan internet ini untuk mendukung pengembangan sektor pariwisata serta usaha mikro, kecil, dan menengah dalam memasarkan produk mereka.

Pemasangan wifi ini harapannya bisa dimanfaatkan pengunjung dan masyarakat sekitar semaksimal mungkin, kata Bupati Gunungkidul Sunaryanta Selasa (17/5/2022).

Sunaryanta mengatakan pembangunan infrastruktur khususnya di jaringan internet penting karena untuk menjadi kota pintar perlu adanya konektivitas dalam informasi dan komunikas.

Pensiunan perwira TNI AD ini menjelaskan, pemasangan akses ini juga untuk mengurangi kawasan blank spot di Gunungkidul, terutama di kawasan wisata.

Pemkab Gunungkidul merencanakan menambah lagi titik pemasangan akses internet ini.

Dia berharap, hadirnya wifi bisa meningkat lagi dari 2,7 persen dengan kerja sama antara pemerintah dengan perusahaan swasta.

Selain itu, ia berharap kerja sama ini bisa meningkatkan lagi pembangunan di Gunungkidul, terutama di bagian informasi dan komunikasi.

Rencananya akan kami pasang lagi akses internet terutama di kawasan blank spot, semua ini masalah anggaran, katanya.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul Muhammad Arif Aldian mengatakan Dispar berupaya meningkatkan layanan kepada pengunjung, salah satunya meningkatkan akses infrastruktur, termasuk internet.

Untuk internet pihaknya berkoordinasi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Gunungkidul, katanya.

Dispar juga meningkatkan sumber daya manusia (SDM) pariwisata salah satunya melakukan pelatihan terhadap 40 orang pengelola desa wisata.

Pengelola desa wisata semakin memahami tentang cara pengelolaan desa wisata menjadi kawasan destinasi wisata, dengan memanfaatkan potensi dan produk lokal, serta membangun masyarakat desa sadar wisata melalui Sapta Pesona, kata Arif.

Topik Menarik