Cegah Tertular PMK, Kaltim Hentikan Pasokan Indukan Sapi dari Jatim dan NTB

Cegah Tertular PMK, Kaltim Hentikan Pasokan Indukan Sapi dari Jatim dan NTB

Travel | BuddyKu | Selasa, 17 Mei 2022 - 10:57
share

SAMARINDA, iNews.id Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menghentikan pasokan indukan sapi dari Jawa Timur (Jatim) dan NTB. Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Provinsi Kaltim mencegah penularan penyakit mulut dan kuku (PMK).

Kepala DPKH Provinsi Kaltim Munawwar mengatakan, wilayah setempat aman dari PMK. Berdasarkan informasi Kementerian Pertanian RI bahwa kasus PMK terjadi di Provinsi Jawa Jatim dan NTB yang kini berstatus wabah PMK.

Kami menghentikan pasokan sapi maupun indukan dari Jatim dan NTB, katanya, Senin (16/5/2022).

Pencegahan penularan PMK yang dilakukan pemerintah, lanjutnya, dengan uji kesehatan pada ternak sapi, kambing dan domba kurang lebih 2.566 ekor di lokasi peternakan dan rumah potong hewan (RPH) seluruh Provinsi Kaltim.

Dari uji hewan ternak yang dilakukan secara bertahap tersebut belum ada ditemukan gejala klinis. Misalnya, mulut melepuh atau kuku sakit, ucapnya.

Sebagai upaya memenuhi kebutuhan daging, kata dia, Pemprov Kaltim memenuhi stok daging sapi hanya dari Sulawesi. Kebijakan penghentian pasokan indukan sapi dari Jatim dan NTB berimbas pada stok daging akan berkurang dan harga daging sapi naik.

Yang jelas, itu sudah hukum pasarnya begitu, semoga saja cepat berlalu, tutupnya.(*)

Topik Menarik