Ribuan Wisatawan Serbu Lembang KBB, Okupansi Hotel Naik 57 Persen

Ribuan Wisatawan Serbu Lembang KBB, Okupansi Hotel Naik 57 Persen

Travel | BuddyKu | Senin, 16 Mei 2022 - 18:17
share

BANDUNG BARAT, iNews.id - Kawasan objek wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), diserbu ribuan wisatawan luar daerah pada libur panjang akhir pekan atau long weekend yang bertepatan dengan libur Hari Waisak, Senin (16/5/2022). Imas positif dari lonjakan kunjungan wisatawan itu, tingkat keterisian hotel di KBB naik 57 persen.

Seperti terlihat di objek wisata Lembang Park and Zoo, The Great Asia Afrika (TGAA) Lembang, dan Farmhouse. Tiga objek wisata ini dipadati wisatawan dari Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetak) dan daerah lain.

Untuk jumlah pengunjung ada sekitar 4.000 orang. Itu akumulasi dari hari Sabtu dan hari ini. Kebanyakannya wisatawan luar daerah, meski dari Bandung Raya juga banyak, kata pengelola wisata TGAA Lembang Wawan Setiawan kepada wartawan.

Menurut Wawan, long weekend ini berdampak cukup positif karena angka kunjungan wisatawan naik. Namun jumlah pengunjung itu masih di bawah jika dibandingkan dengan libur lebaran yang mencapai 2.000 lebih pengunjung per hari hari.

Kalau dibandingkan waktu libur lebaran, masih banyak waktu itu. Selisihnya sekitar 20-30 persen lebih banyak saat lebaran, terutama di hari H+1, ujar Wawan Setiawan.

Wawan menilai, melihat angka kunjungan itu, sektor pariwisata di Lembang sudah kembali menggeliat setelah sebelumnya terpuruk akibat pandemi Covid-19 selama dua tahun. Ya semoga ke depannya wisata di Lembang kembali naik lagi dan pandemi hilang, tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) KBB David Oot mengatakan, secara keseluruhan angka kunjungan wisatawan selama libur lebaran dan long weekend kali ini mengalami peningkatan.

Bahkan pengunjung ke kawasan Lembang menjadi salah satu yang cukup tinggi di Jawa Barat. Wisatawan ke Lembang, untuk okupansi hotel dari 29 April sampai 15 Mei 2022 ini berdasarkan data PHRI KBB mengalami kenaikan sekitar 57 persen. Kami juga tetap ingatkan ke pengelola dan wisatawan agar tetap menjaga prokes karena KBB masih PPKM Level 2, kata David Oot.

Topik Menarik