69.845 Wisatawan Kunjungi Gunungkidul saat Libur Akhir Pekan

69.845 Wisatawan Kunjungi Gunungkidul saat Libur Akhir Pekan

Travel | BuddyKu | Senin, 16 Mei 2022 - 10:17
share

GUNUNGKIDUL, iNews.id - Sebanyak 69.845 wisatawan yang berkunjung di sejumlah objek wisata yang dikelola oleh Pemkab Gunungkidul pada akhir pekan lalu. Diperkirakan kunjungan wisatawan akan terus bertambah seiring dengan libur Waisak.

Kunjungan wisatawan pada Sabtu (14/5) dan Minggu (15/5) mencapai 69.845 orang dengan menyumbang pendapatan asli daerah sekitar Rp460 juta, kata Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Arif Aldian Senin (16/5/2022).

Arif mengatakan tingginya kunjungan wisatawan ke Gunung Kidul tidak terlepas dari libur akhir pekan ditambah libur nasional Hari Raya Waisak pada hari ini. Ia memproyeksikan kunjungan wisatawan hari ini, lebih dari 10.000 pengunjung.

Semoga kunjungan wisatawan hari ini lebih dari 10.000pengunjung. Kunjungan wisatawan tetap tinggi pada Minggu (15/5/2022) karena bertepatan dengan libur akhir pekan, katanya.

Aldian juga mengakui tingginya gelombang sepanjang pantai selatan tidak menyurutkan wisatawan menikmati keindahan objek wisata di Gunungkidul, yakni wisata pantai. Masyarakat tetap bermain air, meski sudah diingatkan oleh petugas SAR Satlinmas.

Petugas sudah menyampaikan larangan bermain air di bibir pantai melalui pengeras suara di pos TPR karena sedang gelombang tinggi dan juga peringatan di objek wisata pantai. Kami siaga penuh untuk mengantisipasi adanya kecelakaan di objek wisata pantai, katanya.

Sementara itu, Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II Baron Surisdiyanto mengatakan jumlah wisatawan ke Gunung Kidul masih tinggi, di sisi lain di perairan selatan terjadi banjir rob dengan ketinggian di atas dua sampai lima meter.

Kondisi di beberapa titik di bawah pengawasan SAR Satlinmas Baron hari ini terpantau ada kenaikan gelombang yang signifikan antara dua sampai lima meter. Untuk itu, kami menerjunkan personel lengkap mengamankan wisatawan yang ada di bibir pantai, kata Aris.

Dia juga mengimbau wisatawan untuk tidak mandi atau bermain air di bibir pantai karena potensi gelombang tinggi bisa datang setiap saat. Kami mohon untuk semua wisatawan agar selalu berhati-hati dan taati imbauan petugas, katanya.

Topik Menarik