Dukung Wisata Danau Toba, Pemerintah Percantik Kawasan Tomok Samosir

Dukung Wisata Danau Toba, Pemerintah Percantik Kawasan Tomok Samosir

Travel | BuddyKu | Senin, 16 Mei 2022 - 06:16
share

PEMERINTAH segera melakukan penataan terhadap kawasan Tomok di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, dalam rangka mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba.

Bupati Samosir, Vandigo Gultom mengungkapkan, pihaknya mengapresiasi semua pihak, khususnya Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR yang telah mendukung percepatan penataan kawasan Tomok sebagai salah satu ikon wisata di Kabupaten Samosir.

"Ke depan kami berharap, semua stakeholder yang terlibat dapat terus berkoordinasi agar setiap permasalahan dapat diselesaikan secara bersama dan penataan kawasan Tomok bisa direalisasikan," katanya.

Kepala Bappeda Kabupaten Samosir, Rajoki Simarmata menjelaskan untuk penataan kawasan Tomok yang menghubungkan tiga pelabuhan yang ada di Desa Tomok Parsaoran dan Desa Tomok Induk.

Dari hasil pendataan dan komunikasi dengan seluruh masyarakat yang terimbas pada deliniasi kawasan Tomok, ada sebanyak 27 pemilik lahan di Tomok Parsaoran dan 23 pemilik lahan di Desa Tomok Induk.

Dari keseluruhan pemilik lahan tersebut sudah memberikan surat pernyataan dan kesediaan yang sudah disampaikan kepada Ditjen Cipta Karya.

Rajoki juga menjelaskan bahwa sampai saat ini kondisi lahan yang menjadi bagian deliniasi kawasan Tomok sudah clean and clear.

Ia juga berharap detail engineering design (DED) yang saat ini sedang disusun oleh konsultan dapat segera diselesaikan agar bisa didiskusikan kembali dengan masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Samosir.

Topik Menarik