Habiskan <i>Long Weekend</i>, 4 Air Terjun Cantik di Jawa Barat Ini Pas Disambangi Traveler

Habiskan Long Weekend, 4 Air Terjun Cantik di Jawa Barat Ini Pas Disambangi Traveler

Travel | BuddyKu | Minggu, 15 Mei 2022 - 21:23
share

KEINDAHAN alam Jawa Barat kerap memancarkan sejuta pesona yang memikat. Di antara kekayaan alam di Jabar ialah air terjun atau curug, yang memang menjadi salah satu magnet wisata unggulan. Selain indah, pemandangan alam di kawasan curug pun terbilang eksotis.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar pun merekomendasikan empat air terjun eksotis di Jabar yang dapat dijadikan tujuan bagi traveler untuk menghabiskan long weekend pekan ini. Apa saja air terjun tersebut? Berikut ulasannya.

Curug Malela

Curug Malela merupakan salah satu magnet wisata di Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat. Curug ini memiliki lebar 55 meter dengan tinggi 60 meter. Karena kemegahannya, tak jarang jika Curug Malela kerap disebut kembaran air terjun Niagara dari Bandung.

Geolog Titi Bachtiar menulis dalam bukunya berjudul Bandung Purba bahwa kata \'malela\' merupakan ungkapan rasa kagum masyarakat Tatar Sunda untuk sesuatu yang lebih dari biasanya.

Curug ini berundak-undak yang tentunya akan memikat mata ketika debit airnya tinggi di musim hujan. Guyuran air yang jatuh seperti tirai putih yang menutupi bebatuan lempung yang usianya mencapai jutaan tahun.

Sebenarnya, Curug Malela merupakan satu dari tujuh curug yang berada di Desa Cicadas, Rongga, Bandung Barat. Di sana, ada pula Curug Katumbiri, Curug Manglid, Curug Ngebul, Curug Sumpel, Curug Palisir, dan Curug Pameungpeuk.

Perlu tekad yang bulat dan jiwa petualangan yang tinggi untuk bisa menikmati kemegahan Curug Malela. Pasalnya, destinasi wisata ini berjarak sekitar 69 kilometer dari Gedung Sate, Kota Bandung.

Infografis Air Terjun

Selain itu, wisatawan masih harus menempuh perjalanan menuruni bukit sejauh kurang lebih 1,5 kilometer karena curug ini berada di antara lembah.

Namun jangan khawatir, pemerintah daerah setengah telah membenahi infrastrukur bagi pelancong. Selain itu, ada juga deretan warung yang dikelola warga lokal yang bisa dijadikan tempat singgah untuk memulihkan stamina.

Rasa lelah pun tak akan begitu terasa saat menuruni lembah. Pasalnya, suara riam air terjun dan rindangnya pepohonan di Tanah Priangan akan menjadi teman perjalanan traveler. Di sekitar curug, terdapat spot foto selfie yang menjadi spot favorit di Curug Malela. Adapun harga tiket masuk hanya Rp10.000 untuk tiap wisatawan.

Curug Cimahi

Curug Cimahi atau yang populer disebut Curug Pelangi memiliki tinggi 80 meter. Air yang terjun dari curug ini berasal dari Situ Lembang yang mengairi wilayah Kota Cimahi dan sekitarnya. Nama Curug Cimahi sendiri berasal dari kata \'ci\' atau air dan \'mahi\' yang berarti cukup dalam bahasa Sunda.

Secara administratif, Curug Cimahi berada di Desa Kertawangi, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Untuk mencapai Curug Cimahi cukup mudah, bahkan traveler pun bisa menggunakan angkutan umum dari Lembang jurusan Lembang-Cisarua.

Di Curug Cimahi, ratusan anak tangga yang menurun akan menyapa traveler setelah menjejakkan kaki melewati pos karcis Curug Cimahi atau yang kini dikenal sebagai Curug Pelangi. Memang perlu perjuangan ekstra untuk menikmati kesegaran curug setinggi 80 meter ini secara langsung. Traveler juga perlu berhati-hati saat menapaki anak tangga, khususnya saat musim hujan.

Topik Menarik